Catat! Inilah 5 Cara Agar Pinjaman Mudah Disetujui oleh Bank

Jumat 01-12-2023,20:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Mengajukan pinjaman kini sudah jadi hal yang lumrah dalam kegiatan sehari-hari, masyarakat kini dapat mengajukan pinjaman dari berbagai sumber seperti bank hingga pinjaman online.

Pengajuan pinjaman online biasanya lebih mudah karena mayoritas plafon yang diberikan dalam tidak terlalu besar. Masyarakat cenderung mengajukan pinjaman dengan nominal lebih besar di bank karena plafon yang diberikan bank juga cenderung lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

Dengan begitu, banyak masyarakat yang masih kebingungan dalam mengajukan pinjaman bank baik dari persyaratan hingga dokumen yang harus dilengkapi, terlebih jika baru pertama kali mengajukan pinjaman di bank. Supaya pengajuan dapat cepat disetujui oleh bank, berikut beberapa tips yang perlu dipersiapkan.

Cara Agar Pinjaman Disetujui oleh Bank

1. Penuhi Persyaratan yang Diajukan Bank

BACA JUGA:Butuh Dana Segar? Pegadaian Solusinya, Gadaikan BPKB Motor Anda, Begini Syaratnya

Setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda dalam memberikan pinjaman dana. Namun secara umum, beberapa syarat yang diminta oleh pihak bank dalam memberikan pinjaman dana, antara lain:

  • Fotokopi identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga)
  • Fotokopi penghasilan atau slip gaji
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Dokumen kepemilikan agunan seperti BPKB, sertifikat (Jika mengambil pinjaman beragunan)
  • Mengajukan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Pihak bank tentunya tidak akan mau mengambil risiko memberikan pinjaman dana kepada nasabah jika dinilai tidak sanggup untuk melunasinya. Misalnya, kalian hanya memiliki penghasilan Rp.5 juta setiap bulannya, namun saat mengajukan pinjaman dana, kalian mengajukan pinjaman senilai Rp.500 juta untuk modal berbisnis. Melihat penghasilan yang hanya Rp.5 juta, rasanya bank sulit memberikan pinjaman dana yang kalian ajukan, karena kemungkinan besar akan sulit untuk membayar angsurannya.

    Singkatnya, pihak bank memiliki beberapa kriteria dan syarat tertentu dalam hal manajemen risiko terkait pinjaman yang diberikan kepada debitur sesuai kemampuannya. Jadi sebisa mungkin ajukan pinjaman dana sesuai dengan kemampuan kalian untuk membayarnya.

    2. Memastikan Skor Kredit Bagus

    Untuk melakukan pinjaman dana, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan skor kredit yang kalian punyai bagus. Apa itu skor kredit? Singkatnya, skor kredit adalah riwayat pinjaman atau kredit yang pernah kalian miliki. Mulai dari kredit rumah, kendaraan, maupun barang-barang elektronik. Pada skor kredit, pihak bank akan melihat bagaimana kemampuan kalian dalam membayar pinjaman atau cicilan. Jika dianggap memiliki skor kredit yang bagus, pihak bank tentu akan mempertimbangkan kalian untuk diberikan pinjaman. Sebaliknya, jika skor kredit kalian buruk, pihak bank tentunya tidak akan mengambil risiko memberikan pinjaman karena kalian mempunyai riwayat pembayaran kredit atau cicilan yang buruk.

    3. Memilih Bank

    Yang terpenting setelah mengetahui tips mendapat persetujuan pinjaman menentukan di bank mana kalian mengajukan pinjaman. Karena banyak bank yang menawarkan mekanisme produk KTA yang bermacam-macam. Tentukan bank mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang kalian miliki. Selain itu faktor lainnya juga perlu diperhatikan, seperti kredibilitas bank, bunga pinjaman, limit pinjaman, jangka waktu pinjaman dan biaya pengajuan KTA.

    Salah satu bank yang bisa kalian pilih untuk mengajukan KTA adalah CIMB Niaga. Di CIMB Niaga, terdapat dua produk yang ditawarkan yaitu Xtra Dana dan Xtra Dana iB. Pada Xtra Dana, keuntungan yang kalian dapatkan yaitu aksesnya yang mudah dan persyaratan dokumennya yang sederhana.

    4. Tentukan Tenor Pinjaman

    Kategori :