Penggarit Rural Festival Tumbuhkan Perekonomian Desa

Sabtu 11-11-2023,06:08 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG -  Upaya Pemerintah Desa Penggarit dalam menumbukan potensi desanya. Melalui Penggarit Rural Festival tahun 2023, mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat desa. Karena dalam kegiatan itu, seluruh produk unggulan desa dan UMKM disuguhkan.

Penggarit Rural Festival tahun 2023, yang diselenggarakan di Obyek Wisata Benowo Park Desa Penggarit, Kecamatan Taman, kemarin. terdapat bazar mangga dan produk unggulan desa serta UMKM dipromosikan dan dipasarkan. Kepada masyarakat luas yang berkunjung dalam kegiatan itu. 

BACA JUGA:SMP Negeri 13 kota Tegal Salurkan Bantuan untuk Palestina

Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo dalam laporannya menyampaikan, Penggarit Rural Festival 2023. Sedianya akan dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 12 November 2023. Kegiatan ini berawal dari agenda sebelumnya yang sudah direncanakan, yaitu kegiatan Festival Mangga.

Namun karena kegiatan itu akan bertepatan di tahun 2024 yang mana akan ada kegiatan Pemilu. Maka kegiatan itu dikemas menjadi kegiatan Penggarit Rural Festival. Artinya, disamping ada bazar mangga, juga ada produk UMKM  dan produk khas yang ada Desa Penggarit.

BACA JUGA:PW IPHI Jateng Protes Dugaan Praktik Intervensi dan Intimidasi ke PD IPHI

" Festival Mangga yang semestinya dilaksanakan pada tahun 2024 tidak memungkinkan, karena akan adanya agenda Pemilu. Sehingga kami memilih mengganti kegiatan itu menjadi Penggarit Rural Festival,"katanya.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan akan menjadi obyek wisata ini semakin dikenal. Selain itu,  ekonomi masyarakatmya juga akan semakin tumbuh dan meningkat. 

"Karena ada produk yang dipasarkan, seperti mangga, produk UMKM dan lainnya. Sehingga ekonomi menengah juga akan semakin tumbuh dan berkembang,"ujarnya.

BACA JUGA:Pemprov Jateng Sabet Terbaik I Pelaksanaan Program TBC 2023

Penggarit Rural Festival yang dimeriahkan dengan adanya penampilan tari tradisional yaitu jaran ebeg. Dikolaborasikan dengan tarian kersa wanara menjadi kegiatan sangat menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat. Apalagi dalam kegiatan ini, juga banyak yang disajikan produk-produk unggulan Desa Penggarit. 

Bupati sendiri sangat senang melihat  kegiatan itu ada seni dan budaya yang ditampilkan. Karena dengan ditampilkannya seni budaya akan  dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa bangga masyarakat. 

Kategori :