KTT di Warureja dapat Bantuan Hewan Ternak dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal

Kamis 09-11-2023,22:17 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M Sekhun

WARUREJA, DISWAY JATENG - Sejumlah Kelompok Tani Ternak (KTT) di Kecamatan Warureja dapat bantuan hewan ternak dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal.

Bantuan berupa kerbau dan kambing itu mengemuka saat acara Bupati Tilik Desa di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja, Rabu 8 November 2023.

BACA JUGA:Bupati Tilik Desa, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Beri Pelayanan Keswan

Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sugiyanto mengatakan, ada dua KTT yang menerima bantuan hewan ternak. Yaitu, KTT Panker Jaya Sidamulya sebanyak 10 ekor kerbau, dan KTT Gotong Royong berupa kambing. 

Diharapkan, bantuan hewan ternak ini dipelihara dengan baik. Sehingga bisa menghasilkan dan menghidupi para anggota KTT.

"Semoga hewan ternak ini bermanfaat untuk kelompok tani dan masyarakat sekitar," ucapnya.

BACA JUGA:Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Gelar Bimtek Manajemen Agribisnis

Dia mewanti-wanti, ketika hewan ternak mengalami sakit, segeralah diberi vitamin. Jika mengalami kesulitan atau kendala, KTT bisa langsung konsultasi ke Dinas KP Tan. 

Terlebih jika ada gejala atau tanda-tanda menderita PMK, segeralah melapor untuk divaksin.

Adapun, ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi PMK, awalnya demam, mengeluarkan air liur yang banyak dan enggan bergerak.

Penyakit virus ini juga menyebabkan lepuh berisi cairan (vesikel) terbentuk di bibir, lidah, langit-langit mulut, kaki dan puting hewan yang terinfeksi.

BACA JUGA:Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Gencar Sosialisasikan Geospasial

"Kalau mengalami gejala begitu, jangan menunggu lama. Langsung lapor ke kami. Supaya tidak menular ke hewan lainnya," tandasnya. (ADV)

Kategori :