Makanan Khas Solo yang Menggugah Selera dengan Cita Rasa yang Menggoda, Wajib Dicoba!

Kamis 02-11-2023,04:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Solo atau Surakarta dikenal sebagai kota yang kental akan budaya dan adat istiadat Jawa. 

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang cocok buat kulineran. Ada banyak makanan khas Solo lengenda dan sudah dijajakan secara turun temurun yang sangat menggugah selera. 

Meski Solo dekat dengan Jogja tetapi terkadang beberapa orang masih belum mengetahui rekomendasi makanan khas Solo itu apa saja, yuk mari kita simak.

Berikut Deretan Makanan Khas Solo yang Wajib Dicicipi :

1. Timlo Sastro 

Timlo Sastro merupakan sejenis sup berkuah saldu bening yang disajikan dengan ayam suwir, hati, ampela, sosis solo, potongan telur coklat, jamur rebus, dan aneka sayuran. Diatasnya kemudian ditaburi dengan bawang goreng yang renyah.

Biasanya warga Solo menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Mbolang karena lokasinya di Pasar Gedhe yang berada dikampung bolang. Ada cukup banyak penjual timlo yang bisa ditemukan di Solo. Salah satunya yang populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di Jl.Kapten Mulyadi No.8, belakang Pasar Gedhe Solo. 

BACA JUGA:Jalan-Jalan Ke Solo Enaknya Kunjungi Tempat ini nih!

2. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah salah satu makanan berat yang digemari banyak orang, termasuk warga Solo. Nasinya dimasak dengan campuran santan gurih, kemudian disajikan bersama dengan telur rebus, kuning telur rebus, saus santan, dan putih telur, irisan ayam, serta sayur labu kuning. 

Nasi Liwet bisa kalian temukan diwarung tenda pinggir jalan, dengan harga yang dipatok bervariasi mulai dari Rp.10.000 sampai Rp.25.000,- Kalian bisa berkunjung ke lokasi di Jl.Mr.Sartono No.40, Nusukan, Kec.Banjarsari, Kota Surakarta atau di Jl.Yos Sudarso, Jayengan, Kec.Serengan, Kota Surakarta.

3. Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat sering dipilih warga Solo sebagai sajian makan siang. Hal ini dikarenakan porsinya yang cukup banyak dan full of calories. Dalam satu porsi tahu kupat yang isinya ada ketupat nasi, tahu goreng, kacang tanah goreng, bakwan, mie kuning, dan kubis. Lalu disiram saus kecap, bawang, serta gula jawa. Kalian bisa mampir ke lokasi Tahu Kupat Solo di Masjid Sholihin, Solo.

4. Cabuk Rambak

Porsinya memang tidak banyak dan seringkali dijadikan sebagai cemilan saja. Namun, Cabuk Rambak punya pesona sendiri dihati penikmatnya. Dalam satu sajian, Cabuk Rambak terdiri dari ketupat yang dilumuri saus kacang, wijen panggang, dan parutan kelapa. Agar tambah lezat, bisa ditambahkan karak atau kerupuk nasi kering. Satu porsinya dijual dengan harga dibawah Rp.10.000,-

Kategori :