Makanan Khas Solo yang Menggugah Selera dengan Cita Rasa yang Menggoda, Wajib Dicoba!

Kamis 02-11-2023,04:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

Kalian bisa temukan di lokasi Jl.Yos Sudarso, No.39, kauman, Kec.Ps.Kliwon. Kota Surakarta.

5. Tengkleng

Selanjutnya ada Tengkleng, yang harus kalian coba karena kelezatannya. Makanan ini hampir mirip dengan gulai, memiliki kuah yang cair dan diisi dengan tulang-tulang kambing yang masih sedikit melekat dengan daging. 

Cara penyajiannya juga unik, yaitu dengan dipincuk menggunakan daun pisang, kalian bisa menyeruput kuah tengkleng ini langsung dari pincukannya. Rasanya tentu lebih nikmat karena dari daun pisang. 

Untuk harga seporsinya dikenakan harga sekitar Rp.25.000 per porsi. 

6. Brambang Asem

Makanan Khas Solo berikutnya adalah Brambang Asem. Brambang Asem merupakan makanan khas Solo tempo dulu, seperti namanya, makanan ini terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, kemudian diberi bawang merah dan cabe, sehingga memberikan aroma pedas yang nikmat. Biasanya makanan ini disantap bersama tempe gembus, yaitu tempe dengan bahan dasar ampas tahu. 

7. Sup Matahari

Sup Matahari ini lebih banyak ditemukan dalam acara pernikahan. Nama sup ini dipilih karena bentuk penyajiannya yang unik, seperti bunga matahari. Bahan yang dimasukkan dalam sup diantaranya ada wortel, ayam, kentang, jamur tiram dan yang lainnya. Rasa sup ini gurih dan kuah supnya terasa nikmat dan segar. Apalagi disantap dengan nasi. Satu porsi sup matahari juga memiliki harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp.8.000 saja. 

BACA JUGA:Rakyatnya Sejahtera! Ini 5 Daerah Terkaya di Jawa Tengah, Nomor 1 Bukan Semarang Maupun Solo

8. Tahok

Tahok yang nikmat disantap ketika suasana sedang hujan. Makanan yang satu ini merupakan hasil akulturasi budaya dengan Tionghoa. Dengan rasa yang nikmat dan lembut membuat Tahok ini banyak disukai oleh masyarakat.

Adapun bahan utamanya berasal dari sari kedelai yang telah dibuat agar-agar, kemudian diberi kuah jahe. Sari kedelai ini sangat lembut dan enak dimakan. Jika ingin menikmati makanan ini, silahkan datang ke Solo dan berkuliner disana.  

 

Itulah deretan makanan khas Solo yang wajib kalian nikmati. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :