Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat Sebut Jika Kehadiran Perguruan Tinggi di Daerah Mutlak Dibutuhkan

Jumat 01-09-2023,07:36 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG – Kehadiran perguran tinggi di daerah sangat dibutuhkan. Selain sebagai pencetak kader, perguruan tinggi merupakan tempat pembinaan karakter anak bangsa. 

Hal itu diungkapkan Plt Bupati Pemalang H Hansur Hidayat di hadapan para wisudawan ke-20 dan segenap civitas akademika STIT Pemalang di salah satu hotel, kemarin. 

Menurutnya, kehadiran perguruan tinggi di daerah  adalah hal yang mutlak dibutuhkan. Karena kehadirannya bukan saja sebagai  tempat mencetak kader-kader generasi penerus bangsa, akan tetapi lebih dari itu.

"Kampus adalah tempat pembinaan karakter bangsa. Yaitu mencetak kader-kader penerus,”katanya.

Menurutnya, adanya kampus perguruan tinggi,  itu dapat menghasilkan ide-ide cemerlang, mencetak kader pendidik yang kompeten dan berakhlak mulia. Sehingga dapat berkontribusi untuk mendukung perkembangan daerah dan membentuk generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

Dalam kesempatan itu, Mansur  menyinggung keterkaitan pendidikan dengan upaya pencapaian visi Kabupaten Pemalang, yaitu mewujudkan Kabupaten Pemalang yang Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni (Aman).

Untuk itu, dibutuhkannya pemerataan pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mencapai visi tersebut. Sehingga keberadaan STIT Pemalang diharap menjadi lembaga yang dapat mempersiapkan generasi penerus bangsa yang siap mengabdikan diri kepada masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Mansur juga mengajak para wisudawan untuk terus mengembangkan diri, guna menghadapai tantangan zaman yang berubah sangat dinamis. 

"Kita harus tetap berusaha dan berupaya dalam mengeksplor dan mengembangkan potensi diri. Karena dalam era globalisasi, perubahan dan perkembangan di masyarakat sangat cepat dan dinamis,”terangnya. 

Kategori :