9 Nilai Pemikiran Gus Dur yang Dibahas Mahasiswa Lintas Agama di Tegal. Apa Saja?

Minggu 27-08-2023,08:08 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M Sekhun

SLAWI, DISWAY JATENG - Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama (STKIP NU) Tegal mengadakan Sekolah Pemikiran Gus Dur Lintas Agama. Ada sembilan pemikiran Gus Dur yang menjadi pembahasan dalam kegiatan kali ini.

Kegiatan itu dipusatkan di gedung pertemuan Klenteng Hok Ie Kiong Slawi pada 25-27 Agustus 2023. Adapun pesertanya, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi diantaranya UPS Tegal, IBN Tegal, dan Universitas Wahid Hasyim Semarang.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UPS Tegal Adakan Sosialisasi Anti-Bullying di SD Negeri 1 dan 2 Gembyang Kabupaten Pemalang

Ketua Panitia Adika Febrianto mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai pemikiran Gus Dur.

"Totalnya ada 30 peserta. Selain dari kalangan mahasiswa, ada juga yang dari pemuda pemudi lintas agama di Kabupaten Tegal,'' kata Adika, Jumat (25/8).

Menurut Adika, Sekolah Pemikiran Gus Dur ini mengangkat tema Merawat Ideologi Pemikiran Gus Dur.

BACA JUGA:Bikin Bangga, 3 Mahasiswa UPS Tegal Magang ke Malaysia

Sementara itu, Ketua Komisariat Ibnu Sina STKIP NU Muhamad Imam khilmi berharap semua peserta sekolah pemikiran Gus Dur mampu merawat dan melanjutkan pemikiran Gus Dur dalam sembilan nilai pemikiran.

Yakni ketauhidan, kesaktriaan, kesetaraan, kesederhanaan, kemanusiaan, kearifan lokal, pembebasan, persaudaraan, dan keadilan.

BACA JUGA:Keren, 16 Mahasiswa IBN Turun ke Pengadilan Agama Slawi

"Sekolah pemikiran Gus Dur ini jangan berhenti begitu saja. Harus ada renstra atau tindak lanjut untuk membuat kajian rutin di Kabupaten Tegal sebagai jalinan silaturahmi lintas agama yang dimana fokus merawat dan melanjutkan nilai nilai pemikiran Gus Dur,'' tandasnya. (*)

Kategori :