Olahraga Tujuh Menit (7 Minute Workout): Solusi Tepat Untuk Kalian yang Serba Cepat

Kamis 24-08-2023,12:00 WIB
Reporter : Bayu Nugroho
Editor : Bayu Nugroho

DISWAYJATENG.ID - Kalian orang yang memiliki jadwal padat dan jarang punya waktu untuk olahraga? Sekarang kalian tak perlu khawatir lagi. Ada solusi efektif dan efisien untuk menjaga tubuh kalian tetap fit, yaitu dengan berolahraga 7 menit atau 7 Minute Workout.

Apa Sih 7 Minute Workout Itu?

Olahraga tujuh menit atau 7 Minute Workout merupakan serangkaian cara berolahraga yang dirancang untuk kalian lakukan hanya dalam waktu tujuh menit. Meski olahraga ini memakan waktu singkat, cara ini memasukan beberapa unsur gerakan yang melibatkan seluruh tubuh.

Tujuannya adalah memberikan manfaat kesehatan yang sebanding dengan rutinitas olahraga yang memiliki durasi panjang seperti gym. Itulah mengapa teknik olahraga ini sangat efektif dan efisien untuk kalian yang memiliki kegiatan padat dan hanya memiliki sedikit waktu luang untuk berolahraga.

BACA JUGA:10 Tips Olahraga yang Aman Saat Polusi Udara Tinggi

Beberapa Teknik 7 Minute Workout

1. Jumping Jacks

Pertama ada Jumping Jacks atau Lompat Bintang merupakan gerakan yang mengkombinasikan ayunan tangan ke atas kepala dan merentangkan kaki secara bersamaan. Teknik olahraga ini berfungsi untuk meningkatkan laju pernapasan, denyut jantung dan membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Cara melakukan Jumping Jacks

Pertama, posiskan tubuh berdiri dengan tegak, kaki rapat, dan taruh lengan lurus ke bawah di samping tubuh.

Kedua, mulai melompat sambil membuka kaki kalian dan pada saat bersamaan ayunkan kedua tangan kalian ke atas kepala hingga saling berdekatan.

Ketiga, kembali ke posisi semula dan lakukan secara berulang selama kurang lebih 30 detik.

2. Wall Sit

Wall Sit atau bisa juga disebut dengan Wall Squat merupakan olahraga dengan cara menyandarkan punggung ke dinding sambil menekuk lutut seperti sedang duduk, lalu menahannya selama beberapa saat. 

Melakukan wall sit secara teratur memiliki manfaat besar untuk meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot bagian bawah tubuh, terutama pada bagian paha dan tungkai. Rutinitas latihan ini juga efektif dalam membentuk otot punggung kalian.

Tags : #olahraga
Kategori :