Ratusan Warga Berebut Gunungan Ruwat Bumi Dermasuci Tegal

Selasa 15-08-2023,14:34 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M Sekhun

PANGKAH, DISWAY JATENG - Ratusan warga berebut gunungan hasil bumi saat acara Sedekah Bumi di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, Senin 14 Agustus 2023 sore.

 

Mereka berebut hingga saling dorong dan berdesak-desakan. Meski begitu, acara Ruwat Bumi ini berlangsung lancar dan khidmat.

 

Acara ini diawali dengan mengarak gunungan hasil bumi dan pusaka Desa Dermasuci berupa kentongan, mulai dari pusat desa hingga ke Balai Desa Dermasuci yang masih dalam tahap pembangunan.

BACA JUGA:Pembangunan Rehab SD Dukuhjati Wetan 02 Mangkrak, Dikbud Kabupaten Tegal Ajukan Anggaran Lewat APBD Perubahan

Arak-arakan ini juga diikuti kreasi para pemuda setempat. Warga dengan berbagai pakaian organisasi juga ikut memeriahkan agenda sedekah bumi tersebut. 

 

Usai tiba di panggung sedekah bumi, Kepala Desa Dermasuci, Mulyanto memberikan pengarahan dan sempat menunjukan hasil bumi yang tengah dikembangkan warga sekitar.

 

Hasil bumi itu berupa buah melon yang dibagikan kepada masyarakat. Saat mengakhiri sambutan, warga langsung merangsek berebut gunungan yang berisikan berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Hanya berselang beberapa menit, isi gunungan langsung ludes. 

BACA JUGA:TPAS Penujah Terbakar, Sekda dan DLH Kabupaten Tegal Sidak Beri Solusi

Menurut Mulyanto, tradisi sedekah bumi ini dilakukan rutin setiap tahun di bulan Muharram. Dimana ada tradisi penyajian air ruwatan dari 7 sumber mata air hingga arak-arakan hasil bumi dari seluruh warga RT dan RW di Desa Dermasuci.

 

"Seluruh warga berkumpul untuk berbondong-bondong mengambil air yang diperoleh dari 7 sumber mata air yang kemudian mereka memanfaatkannya untuk sekedar menyirami perkebunan atau persawahan mereka," ujarnya.

Kategori :