Jangan Malas! Ini Dia 6 Manfaat Mandi Pagi Baik untuk Kesehatan

Senin 14-08-2023,11:29 WIB
Reporter : Mira Ardini Fairosana
Editor : Mira Ardini Fairosana

DISWAYJATENG.ID – Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas untuk mengawali hari. Dengan udaranya mengandung zat yang larut bersama air. Karena itulah mandi pada pagi hari bisa memberikan manfaat tersendiri pagi tubuh.

Paparan air dingin pagi hari juga mampu mendukung metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil. Namun harus dilakukan secara rutin, mandi pagi memiliki manfaar yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apa manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh? Salah satu cara agar tubuh menjadi lebih segar, bersemangat sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Tapi sayangnya banyak orang yang melewatkan aktivitas tersebut. Melansir dari halodoc, ini lah beberapa manfaat mandi pagi hari untuk kesehatan tubuh.

 

Berikut Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh.

1. Meningkatkan Energi

 

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One, menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi hampir sama dengan energi yang dapat setelah mengonsumsi kafein.

Bahwa air dingin menyentuh kulit, tubuh akan merespon dengan bernapas, karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Darah akan terpompa cepat keseluh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih bereberfi sepanjang hari.

2. Memperbaiki Suasana Hati

 

Mandi merupakan kebiasaan hidup sehat yang tidak hanya membersihkan tubuh, melainkan juga dengan pikiran. Kegiatan ini dapat menstimulasi titik biru pada otak yang merupakan sumber noradrenalin.

Hal tersebut merupakan zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi. Aktivitas mandi di pagi dapat mempengaruhi mood secara keseluruhan dengan menginduksi peningkatan aliran darah dan pembuangan sisa metabolisme.

Hal ini yang dapat memberikan penyegaran fisik dan meningkatkan emosi posistif yang berdampak pada kualitas hidup seseorang.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Ketika air menyuh tubuh, maka akan terjadi peningkatan kinerja arteri dalam memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keselurahan. Maka kondisi ini juga dapat memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berbagai manfaat mandi pagi seperti meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan berbagai virus dan bibit penyakit.

4. Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Mandi pagi juga bisa meningkatkan fungsi otak. Kegunaannya dapat berupa memaksimalkan konsentrasi dan memori, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar stres dalam tubuh.

5. Melancarkan Peredaran Darah

 

Mandi pagi mampu menurunkan risiko hipertensi, verises dan mengerasnya pembulu darah. Karena mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah ke seluruh tubuh.

6. Terhindar Dari Rematik

 

Jika mandi malam bisa menimpulkan rematik, akan berbeda dengan mandi pagi. Alasannya dalam pagi hari terkandung karbondioksida yang berbeda pada malam hari.

BACA JUGA: Hanya Butuh 5 Menit, Inilah 6 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat!

BACA JUGA: 5 Kesalahan Saat Keramas Bikin Rambut Rontok Parah

Itulah beberapa manfaat yang terkandung jika kalian gemar mandi pada pagi hari, maka buat kalian yang malas mandi pagi harus merubah nya dari sekarang setelah membaca artikel ini. Karena begitu banyak manfaat jika mandi di pagi hari. (*)

Kategori :