Darurat Pencemaran Udara! Berikut 6 Cara Mengatasi Pencemaran Udara Demi Kesehatan Bersama

Senin 14-08-2023,01:00 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Udara adalah unsur yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Maka dari itu, makhluk hidup membutuhkan udara yang bersih. Udara yang bersih adalah udara yang mengandung banyak manfaat dan terbebas dari partikel-partikel padat seperti debu.

Tetapi sekarang ini rasanya sudah sulit merasakan udara yang bersih, terutama jika Kamu tinggal di perkotaan.

Limbah asap dari pabrik dan asap kendaraan menyebabkan pencemaran udara yang berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lain.

Pencemaran udara adalah kondisi di mana polutan yaitu sesuatu yang menyebabkan polusi tersebar dalam atmosfer.

Kualitas udara jadi berubah dan bila terus dihirup dampaknya bisa mengganggu kesehatan saluran pernapasan. Sekalipun polutan ada dalam kadar yang rendah, tetap bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Dalam skala makro, pencemaran udara dapat memunculkan fenomena alam yang memperburuk kondisi bumi. Seperti efek rumah kaca, lapisan ozon menipis, serta turun hujan asam.

Penyebab Polusi Udara

Pemicu pencemaran udara cukup beragam, faktor pemicunya tidak hanya satu.

Udara bisa tercemar karena disebabkan oleh dua faktor, alam dan aktivitas manusia. Pencemaran udara karena alam bisa dari gunung meletus dan kebakaran hutan.

Sedangkan aktivitas manusia yang menyebabkan udara tercemar contohnya yaitu, limbah asap dari pabrik.

Asap kendaraan bermotor, penggunaan AC, pembakaran sampah, dan penggunaan pupuk yang berlebihan, semua hal tersebut juga dapat menimbulkan pencemaran udara.

Selain itu beberapa peristiwa kebakaran hutan juga pemicunya bisa berasal dari manusia. Misalnya membakar sampah dan dedaunan kering, serta membuang puntung rokok sembarangan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan setiap orang untuk mengatasi pencemaran udara. Berikut ini 6 cara di antaranya:

1. Mengurangi Kendaraan Bermotor

Cara mengatasi pencemaran udara yang sangat ampuh adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Karena gas pembuangan motor dan mobil menjadi salah satu sumber dari polusi udara.

Meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor milik pribadi akan membantu   mengurangi polusi.

Kamu bisa beralih dengan menggunakan transportasi umum.   Kamu juga bisa mulai menggunakan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Apabila jarak tempuhnya tidak begitu jauh, Kamu bisa berjalan kaki atau naik sepeda. Di berbagai kota besar sudah dibangun fasilitas pendukung, mulai dari pedestrian yang lebar dan jalur khusus sepeda.

Kamu bisa memanfaatkan sarana tersebut.

BACA JUGA:Ingin Hilangkan Perut Buncit dengan Mudah? 6 Olahraga Ringan Ini Bisa Hilangkan Lemak di Perut

2. Tidak Membakar Sampah

Membakar sampah dianggap sebagai cara termudah untuk memusnahkan sampah. Material sampah yang sulit terurai seperti plastik mungkin akan hancur dengan mudah jika dibakar. Namun asap dari pembakaran justru akan mencemari udara.

Karena itulah sebaiknya olah sampah dengan cara, pilah sesuai jenis materialnya. Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang, seperti botol, kaleng, kaca, bahan karton, dan benda elektronik. Sehingga sampah residu yang terbuang ke TPA hanya sedikit.

Selain itu, supaya konsumsi Kamu tidak meninggalkan banyak limbah, sebaiknya kurangi pemakaian bahan yang susah diurai. Misalnya mengganti penggunaan kantong plastik dengan tas belanja. Menggunakan tumbler untuk   membawa air minum, dan lain sebagainya.

3. Menanam Pohon

Daripada membakar hutan, lebih baik kita perbanyak menanam pohon. Pepohonan dapat meningkatkan kualitas udara secara langsung dan tidak langsung. Pohon akan membersihkan udara dari partikel berbahaya dan menghasilkan oksigen.

Selain menghilangkan partikel, pohon juga menurunkan kadar nitrogen dioksida, sulfur dioksida, karbon dioksida dan monoksida, ozon, benzena, dan dioksin.

Langkah kecil yang dapat Kamu lakukan adalah menanam pohon di pekarangan rumah Kamu.

Pohon yang ditanam di rumah kamu juga mampu memperlambat udara yang tercemar agar tidak dibawa jauh oleh angin

4. Tidak Membakar Hutan

Kebakaran hutan memang lebih sering terjadi karena faktor alam, seperti sambaran petir, musim kemarau, atau letusan gunung berapi.

Namun, musibah ini juga bisa terjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, manusia perlu mengurangi pembukaan lahan dengan cara dibakar serta perburuan hewan menggunakan senapan api.

BACA JUGA:Ingin Perut Langsing? 5 Minuman Alami Ini Ampuh Membakar Lemak Perut

5. Tidak Merokok

Asap rokok merupakan salah satu sumber polusi udara yang tidak boleh dianggap sepele. Hampir sama dengan asap pembakaran sampah, asap rokok juga mengandung beragam jenis bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan polusi udara.

Berhenti merokok tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi polusi saja, tetapi juga melindungi Kamu dan orang-orang sekitar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh rokok, seperti penyakit jantung, asma, bronkitis, dan kanker.

6. Memasang Alat Penyaring Udara

Limbah asap industri atau pabrik adalah salah satu penyumbang pencemaran udara terbesar. Maka dari itu, pihak pabrik perlu memasang filter pada cerobong asap untuk menangkap debu dan membuat udara yang keluar dari cerobong lebih bersih.

Contoh alatnya seperti filter udara, pengendap silikon, filter basah, atau pengendap elektrostatis

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi pencemaran udara. Jika cara-cara sederhana di atas dilakukan secara konsisten, polusi udara di kota pun akan berkurang secara perlahan. Dengan demikian, udara menjadi lebih bersih dan segar untuk dihirup.(*)

Kategori :