Kamu Anak Kost? Ini Dia 10 Tips Hidup Sehat Ala Anak Kost

Sabtu 12-08-2023,19:54 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Tips hidup sehat sebagai anak kost? emang terkadang anak kost tidak bisa mengontrol makanan dan waktu tidur kalau udah di kost, siapa yang seperti ini juga?

Sebagai anak rantau tentu makanan sehari-hari sangat berbeda ketika dirumah. Biasanya bangun tidur makanan sudah tersaji sekarang bangun tidur harus keluar dulu.

Belum lagi gizi makanan yang tak seimbang sering kali membuat anak kost rentang terkena berbagai macam penyakit. Untuk itu ada tips nih biar kita sebagai anak kost bisa hidup sehat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 10 tips hidup sehat ala anak kost:

1. Pilih Makanan Sehat

Ini berarti memprioritaskan makanan yang memberikan nutrisi penting untuk tubuh Anda. Pilihlah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, serat, dan mineral.

Pilih juga biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, atau gandum utuh daripada biji-bijian olahan. Protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan, dan tahu/tofu juga penting.

Hindari makanan cepat saji atau makanan yang tinggi lemak trans dan gula tambahan.

2. Memasak Sendiri

Memasak sendiri memberi Anda kendali penuh atas apa yang Anda makan. Anda dapat memilih bahan-bahan segar dan sehat, serta mengatur cara memasaknya untuk menjaga nutrisi.

Selain itu, memasak sendiri bisa lebih ekonomis daripada memesan makanan siap saji. Anda bisa mencari resep-resep sederhana dan cepat untuk dicoba, bahkan jika Anda memiliki waktu terbatas.

Ini juga memberi Anda keterampilan yang berharga dalam merencanakan dan mempersiapkan makanan sehat.

3. Atur Porsi Makan

Ini berarti mengendalikan seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi dalam satu waktu.

Terlalu banyak makan dapat menyebabkan kelebihan kalori, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan.

Dengan mengatur porsi makan, Anda dapat menjaga asupan kalori tetap seimbang dan menghindari makan berlebihan.

4. Minum Air Putih

Tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga fungsi organ-organ vital, meratakan suhu tubuh, dan mengeluarkan racun melalui urin.

Minum air putih juga membantu menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Cobalah untuk minum minimal 8 gelas air per hari atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan lingkungan tempat Anda tinggal.

BACA JUGA:5 Khasiat Air Rebusan Daun Jeruk Purut dan Cara Mengolahnya

5. Olahraga Rutin

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Olahraga dapat membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan stamina, dan memperbaiki suasana hati.

Jika Anda memiliki waktu terbatas, coba sisipkan waktu untuk olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau latihan peregangan.

Dengan membuat olahraga menjadi kebiasaan, Anda dapat menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat.

6. Tidur Cukup

Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan Anda. Selama tidur, tubuh Anda memperbaiki dan meregenerasi diri, serta mengatur fungsi-fungsi penting.

Tidur yang cukup membantu Anda merasa segar, fokus, dan energik sepanjang hari. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur per malam, tetapi jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada individu. Usahakan untuk menjaga pola tidur yang konsisten.

7. Hindari Stres Berlebihan

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental Anda. Temukan cara-cara untuk mengatasi stres, seperti meditasi, yoga, bernapas dalam-dalam, atau bahkan berbicara dengan teman dekat atau keluarga.

Melakukan aktivitas yang Anda nikmati juga bisa membantu meredakan stres. Mengatasi stres membantu menjaga keseimbangan emosional dan kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Ingin Hilangkan Perut Buncit dengan Mudah? 6 Olahraga Ringan Ini Bisa Hilangkan Lemak di Perut

8. Batasi Konsumsi Gula dan Garam

Gula dan garam berlebih dalam makanan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. Konsumsi gula berlebih dapat berkontribusi pada risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah kesehatan lainnya.

Sementara itu, terlalu banyak garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cobalah untuk membaca label nutrisi makanan dan hindari makanan olahan yang tinggi gula tambahan atau garam.

9. Jaga Kebersihan

Kehigienisan lingkungan tempat tinggal Anda memiliki dampak besar pada kesehatan Anda. Pastikan Anda menjaga kebersihan di sekitar Anda, termasuk ruangan tempat tinggal dan area yang sering disentuh.

Rutin membersihkan dan menghindari kontaminasi dapat membantu mencegah penyakit menular, infeksi, dan masalah kesehatan lainnya.

Gunakan tisu atau masker saat bersin atau batuk, dan cuci tangan dengan sabun secara teratur untuk menghindari penyebaran kuman.

10. Jangan Lupakan Kesehatan Mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jaga kesehatan mental Anda dengan berbicara terbuka tentang perasaan dan pikiran Anda, baik kepada teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental jika diperlukan.

Pertahankan hubungan sosial yang positif dan terlibat dalam aktivitas yang Anda nikmati. Luangkan waktu untuk relaksasi, meditasi, atau yoga untuk menjaga keseimbangan emosional.

Jaga pikiran positif dan jika Anda merasa terlalu tertekan atau cemas, carilah bantuan yang sesuai. Merawat kesehatan mental akan berdampak positif pada kualitas hidup Anda secara keseluruhan.(*)

Kategori :