Sejarah dan 2 Hal yang Harus kalian Ketahui Tentang Asiknya Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Jumat 11-08-2023,18:56 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Selain wisata pantai yang begitu indah di Yogyakarta, ternyata daerah ini juga mempunyai tempat rekreasi yang cocok untuk anak kita.

Wisata itu bernama Taman Pintar Yogyakarta yang dimana dari namanya saja kita sudah tahu, bahwa wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Taman Pintar yogyakarta, yakni wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Wisata Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona, tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan.

Taman ini khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini, serta dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video. Fasilitas modern ini diharapkan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi.

BACA JUGA:Pantai Wediombo Yogyakarta: Keindahan Alam yang Mempunyai 5 Keseruan

Bahkan untuk wisatawan yang tertarik dengan sisi humaniora, Yogya juga kaya akan objek jenis ini seperti kaya akan wisata sejarah, budaya dan edukasi.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Menghadapi realitas perkembangan sains dan teknologi yangs sangat pesat dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan sebuah Taman Pintar.

Mengapa disebut Taman Pintar, karena di kawasan ini nantinya para siswa mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Dengan target pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, dan harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah.

Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, yakni dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya.

Seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung. Untuk relokasi area mulai dilakukan pada 2004 dan dilanjutkan dengan tahapan pembangunan Tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur yang diresmikan dalam Soft Opening I pada 20 Mei 2006 oleh Mendiknas Bapak Bambang Soedibyo.

BACA JUGA:6 Hal yang Harus Kalian Ketahui Tentang Indahnya Wisata Pantai Wediombo Yogyakarta

Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I yang diresmikan dalam Soft Opening II pada 9 Juni 2007 oleh Mendiknas bapak Bambang Soedibyo bersama Menristek Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kategori :