Sudah Murah juga Kaya Manfaat! Inilah 7 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan

Minggu 06-08-2023,17:24 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Lele adalah jenis ikan yang tak asing lagi di telinga para pencinta ikan. Dengan rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau, lele dengan mudahnya menjadi makanan favorit semua kalangan.

Kandungan nutrisi ikan lele dan manfaatnya juga sangat melimpah. Salah satu kandungan yang sayang untuk Anda abaikan adalah asam lemak omega-3.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat ikan lele bagi kesehatan:

1. Sumber Protein

Manfaat pertama dari ikan lele bagi kesehatan adalah sebagai sumber protein. Protein merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk berbagai fungsi.

Protein membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, rambut, dan organ-organ dalam.

Protein juga merupakan komponen penting dalam pembentukan enzim, hormon, dan sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi ikan lele yang kaya akan protein, tubuh Anda dapat memanfaatkannya untuk membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Bagi mereka yang aktif secara fisik atau yang sedang dalam masa pertumbuhan, asupan protein yang cukup melalui makanan seperti ikan lele sangat penting.

Namun, seperti halnya dengan semua nutrisi, penting untuk menjaga keseimbangan konsumsi protein dengan nutrisi lain dalam diet Anda.

2. Asam Lemak Omega-3

Ikan lele mengandung asam lemak omega-3, yang termasuk jenis lemak sehat. Asam lemak omega-3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan otak.

Dua jenis asam lemak omega-3 yang umum ditemukan dalam ikan lele adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).

EPA dan DHA dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Keduanya juga berperan dalam menjaga kelancaran aliran darah dan mencegah penggumpalan darah yang berlebihan.

Selain itu, asam lemak omega-3 DHA memiliki dampak positif pada perkembangan otak dan kognisi. Ini dapat mendukung fungsi otak yang sehat, termasuk memori, konsentrasi, dan mood.

3. Vitamin D

Ikan lele mengandung vitamin D, yang memiliki peran penting dalam tubuh untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan.

Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfor dari makanan yang kita konsumsi. Kalsium dan fosfor adalah mineral yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Selain itu, vitamin D juga berkontribusi pada fungsi otot yang baik dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Keberadaan vitamin D dalam tubuh dapat membantu mencegah risiko penyakit tulang seperti osteoporosis pada orang dewasa dan membantu pertumbuhan tulang yang sehat pada anak-anak.

BACA JUGA:5 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan dan Perkembangan Anak, Ibu Wajib Tahu!

4. Zat Besi

Ikan lele mengandung zat besi, yang merupakan mineral penting untuk tubuh. Zat besi memiliki peran utama dalam membantu pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, memberikan energi dan mendukung fungsi normal organ-organ.

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Gejala anemia termasuk kelelahan, lemah, pusing, dan kulit pucat. Konsumsi ikan lele dan sumber makanan lain yang kaya zat besi dapat membantu mencegah anemia dan menjaga kesehatan sirkulasi darah Anda.

5. Rendah Lemak Jenuh

Ikan lele cenderung memiliki kadar lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan daging merah. Lemak jenuh yang berlebih dalam diet dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Konsumsi ikan lele yang rendah lemak jenuh dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

6. Sumber Mineral

Ikan lele mengandung mineral seperti fosfor dan selenium. Fosfor adalah mineral yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat, serta berkontribusi pada fungsi seluler dan sistem saraf.

Selenium, sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung fungsi tiroid yang sehat.

7. Rendah Kolesterol

Ikan lele cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada daging merah. Kolesterol tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan mengonsumsi ikan lele, Anda dapat memilih sumber protein yang lebih rendah kolesterol untuk menjaga kesehatan jantung.(*)

Kategori :