Goa Pindul: Wisata yang Penuh Sejarah dan Legenda di Yogyakarta

Rabu 02-08-2023,00:46 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Daerah Yogyakarta terlepas dari wisata pantai dan candi yang ada, ada salah satu tempat wisata yang bernama Goa Pindul yang menawarkan keindahan akan tetapi berbalut dengan sejarah.

Bahkan tempat wisata yang satu ini juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Yogyakarta khususnya, akan tetapi bagi kalian yang penasaran akan keindahan tempat ini bisa langsung datang saja.

Kalian juga bisa mengajak besti kalian untuk berfoto, karena ada beberapa spot foto yang menarik yang bisa kalian coba. Goa Pindul merupakan wisata kekinian yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang.

Bahkan untuk pesonanya saja sudah terdengar di berbagai penjuru nusantara bahkan sudah sampai ke mancanegara, dan pesona wisata ini yang bisa dibilang berbeda dari yang lain.

Bahkan jika kita berbicara tentang Yogyakarta memang tidak akan pernah ada bosannya, apalagi saat berbicara tentang tempat wisata di Jogja yang bisa dibilang mempunyai paket komplit dan mampu memenuhi tuntutan zaman.

Banyak kreasi yang diberikan untuk memanjakan wisatawan semua agar nyaman dan ingin kembali ke Yogyakarta. Berikut adalah sejarah tentang wisata Goa Pindul Yogyakarta, yakni:

Sejarah Singkat Tentang Goa Pindul

Untuk nama Goa Pindul diambil dari nama Pindul, dan sementara Pindul sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu Pipi dan Kebendul Jadi bisa disingkat sebagai dengan nama Pindul.

Goa yang satu ini terbentuk sejak zaman dahulu bahkan menjadi salah satu goa alami yang dimiliki oleh Gunung Kidul, dan dapat diperkirakan terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu. Bahkan ada lagi yang akan membuat para pengunjung sedikit berbangga dengan Goa ini.

Stalaktit yang dimilikinya menjadi yang terbesar ke 4 di dunia, bagaimana cukup mengesankan bukan, negeri ini punya bentang alam yang mengesankan dan bahkan mampu menembus dunia.

Tempat ini awalnya dijadikan oleh para warga sebagai aktifitas harian seperti mandi, cuci, memancing dan berbagai macam kegiatan yang lainnya, bahkan salah satu alasan mengapa warga senang melakukan kegiatan tersebut di Goa ini.

Karena kondisi air yang bersih dan tidak tercampur dengan limbah-limbah yang membuat kondisi air ini menjadi kotor, dan ikan-ikan yang menggemaskan pun ada banyak disini.

Bahkan ada juga beberapa warga yang memanfaatkan ikan-ikan ini sebagai lauk dan ditambah dengan sambal dan nasi yang hangat membuat siapa pun pasti akan melahap makanan ini.

Apalagi cara memasaknya dibakar dengan bumbu-bumbu yang khas pasti akan menambah nafsu makan kalian. Goa ini pun juga diliputi oleh sebuah Legenda yang berkembang di Masyarakat.

Legenda itu bercerita tentang dua orang utusan dari panembahan senopati yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan, yakni yang diutus untuk membunuh bayi yang sedang dibawanya.

Kategori :