Ini Dia 3 Daya Tarik yang Ada di Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Selasa 01-08-2023,17:23 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

7)    Peraga simulasi tsunami, dan Peraga simulasi gempa.

Gedung Museum Gunung Merapi terdiri dari dua lantai dan ketika berada di dalam museum maka kalian akan diarahkan ketika hendak melihat koleksi-koleksi yang ada.

2.  Menyaksikan Film Tentang Gunung Merapi

Setelah puas melihat-lihat koleksi yang ada di Museum Gunung Merapi, maka kalian dapat menyaksikan sebuah film pendek yang berjudul Mahaguru Merapi.

Film pendek ini akan memberikan kalian tentang gambaran keberadaan Gunung Merapi yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Serta ketika Gunung Merapi yang meluluh lantakkan semua yang ada di sekitarnya.

Sedangkan untuk durasi film pendek tersebut hanya sekitar 24 menit saja, dan kalian harus membayar biaya tambahan jika hendak menontonnya yakni Rp5.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

3.  Atraksi Gunung Merapi

Ketika kalian memasuki Museum Gunung Merapi maka akan disambut oleh maket Gunung Merapi dengan ukuran yang cukup besar, maket tersebut dapat mengeluarkan asap serta suara yang bergemuruh.

Serta pada salah satu sisinya terdapat tombol tahun yang merupakan tahun erupsi, jika salah satu tombol ditekan akan memberikan gambaran erupsi pada tahun-tahun tersebut.

Sedangkan di ruangan yang lain kalian akan menemukan display dari tipe letusan gunung api, sehingga anak-anak akan sangat bersemangat mempelajari segala hal tentang Gunung Merapi.

4.  Fasilitas Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Untuk fasilitas yang ada di Museum Gunung Merapi, yakni seperti adanya toilet umum, mushola dan area parkir kendaraan.

5.  Jam Buka Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Untuk jam operasional Museum Gunung Merapi mulai pukul 08.00 hingga 15.30 waktu setempat untuk hari selasa sampai minggu.

Sedangkan khusus hari Jum’at mulai pukul 08.00 hingga 14.30 waktu setempat dan untuk hari senin tutup.

6.  Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Kategori :