Ini Dia 3 Daya Tarik yang Ada di Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Selasa 01-08-2023,17:23 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang sejarah wisata Museum Gunung Merapi, maka perlu kalian ketahui juga disini mempunyai daya tarik untuk kalian kunjungi.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, wisata ini sangat bagus untuk tempat edukasi serta menambah pengetahuan kita dengan mengetahui dan merenungkan hal yang terjadi jika gunung yang masik aktiv bisa meletus.

Akan banyak pengalaman dan pengetahuan kalian betapa dahsyatnya Gunung Merapi ketika meletus saat itu. Biasanya orang-orang akan merasa jenuh bahkan malas untuk berkunjung ke sebuah museum.

Akan tetapi Museum Gunung Merapi hadir dengan susana alam yang sangat sejuk serta koleksi yang sangat menarik, sehingga pengunjung yang datang tidak akan merasa jenuh apalagi bosan.

Berikut daya tarik yang ada di wisata ini, antara lain:

1.  Koleksi Museum Gunung Merapi yang Beragam dan Lengkap

Wisata Museum Gunung Merapi memiliki koleksi yang sangat lengkap, bahkan pada tempat ini ada juga sisa-sisa barang yang terselamatkan dari dahsyatnya letusan Gunung Merapi yang terjadi pada 2006 lalu.

Barang-barang tersebut berasal dari korban bungker Kaliadem, yakni berupa sepeda motor yang terkena semburan wedus gembel kala itu. Koleksi lainnya yang ada di Museum Gunung Merapi diantaranya seperti:

1)    Batuan Gunung Merapi sejak 1930

2)    Koleksi foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman

3)    Peralatan Pemantau aktivitas Gunung Merapi seperti teleskop, seismograf, alat pencatat aktivitas Gunung

     Merapi, alat pengolah data, piranti kuno yang digunakan petugas untuk meneliti aktivitas di masa lalu.

4)    Sampel batu bom (volcanic bomb)

5)    Display letusan dan erupsi Merapi

6)    Lorong peraga simulasi LCD

Kategori :