Pantai Taman Pacitan: Pantai yang Menawarkan Keindahan Sekaligus Habitatnya Beragam Penyu

Kamis 27-07-2023,21:46 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Pantai Taman merupakan objek wisata pantai yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Wisata pantai taman dengan pemandangan indah dan eksotis. Pantai dengan hamparan pasir putih khas pantai-pantai pesisir di selatan Pulau Jawa.

Salah satu hal menarik di pantai ini yaitu terdapatnya patung penyu raksasa yang berada di tepi pantai. Hal tersebut tidak lepas dari Pantai Taman Ngadirojo yang merupakan kawasan konservasi penyu.

Pantai yang menawarkan konsep pendidikan dan pertualangan. Dimana wisatawan dapat belajar dan melihat lebih dekat konservasi penyu di pantai ini.

Menghabiskan waktu liburan dipantai ini, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai spot terbaik dan wahana seru. Menikmati suasana pantai dengan panorama epik dan birunya air laut. Hunting foto hingga aktivitas bermain pasir di tepian pantai.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut informasi lengkap mengenai Pantai Taman Pacitan:

Alamat dan Rute Lokasi

Obyek Pantai Taman menjadi destinasi wisata terbaru di Kabupaten Pacitan, namun untuk mengunjunginya?

Para wisatawan akan dimanjakan dengan akses jalan yang baik menuju Pantai Taman Pacitan Jatim.

Destinasi wisata pantai cantik di Pacitan satu ini bisa anda kunjungi menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Lokasi Pantai Taman sendiri beralamat di Hadiwarno, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ketika berkunjung ke Pantai Taman dan berangkat dari pusat kota Pacitan, jarak yang harus ditempuh sekitar 33 Km.

Nikmati keseruan berlibur bersama keluarga dengan explore keindahan alam, suasana dan spot terbaik Pantai Taman ini.

Untuk memudahkan perjalanan liburan anda dalam mengunjungi Pantai Taman Pacitan mengggunakan kendaraan pribadi.

Cobalah mengakses lewat google maps untuk lebih memudahkan anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Taman

Menghabiskan hari libur bersama keluarga tercinta di Pantai Taman, para wisatawan tidak akan kehilangan banyak budget.

Ketika anda berencana menghabiskan liburan di Pantai Taman, siapkan uang Rp.5.000/orang untuk harga tiket masuknya.

Saat anda berkunjung ke Pantai Taman menggunakan kendaraan pribadi, siapkan uang parkir Rp.3.000/motor dan Rp.5.000/mobil.

Terdapat wahana Flying Fox seru yang bisa anda nikmati ketika mengunjungi Pantai Taman, untuk htmnya bisa didiskusikan pada pengelola.

(HTM obyek wisata alam Pantai Taman Pacitan Jawa Timur bisa berubah setiap waktu tanpa pemberitahuan).

Saat anda berencana mengunjungi Pantai Taman, para traveller bisa datang explore destinasi wisata Pacitan satu ini kapan saja.

Destinasi wisata alam Pantai Taman Pacitan sendiri buka setiap hari dengan operasional selama 24 jam.

Kunjungi objek wisata alam terbaru satu ini untuk perjalanan liburan di Pacitan seru dengan jelajah spot terbaik didalamnya.

BACA JUGA:Pantai Bolu Bolu Malang: Pantai Indah di Jawa Timur Sekaligus Surganya Pecinta Snorkeling

Fasilitas

Termasuk pantai yang hits di Pacitan dan menjadi tujuan favorit untuk bermain dan juga jalan-jalan. Pantai Taman sudah dilengkapi dengan sarana penunjang yang terbilang memadai.

Berikut ini fasilitas Pantai Taman Pacitan di Jawa Timur antara lain :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Toilet / mck
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Konservasi penyu
  • Warung wisata
  • Penjaja aneka souvenir
  • Spot foto 

Nikmati berbagai macam keseruan yang diberikan oleh wisata Pantai Taman Pacitan dengan sejumlah daya tariknya. Berlarian di sepanjang garis pantai dengan ditemani oleh angin sepoi-sepoi terasa begitu menyenangkan.

Atau hanya sekedar duduk santai bersama orang tercinta sembari mendengarkan gemuruh suara ombak dari kejauhan. Sewaktu anda bermain di tepian pantai maka dapat menemukan beberapa ekor penyu.

Daya Tarik Pantai Taman Pacitan

Selain bermain-main di pantai, satu hal yang tak boleh terlewatkan ketika rekreasi disini adalah berfoto-foto ria. Aktivitas swafoto wajib dilakukan untuk merekam setiap hal-hal seru yang terjadi ketika berlibur.

Pantai Taman Ngadirojo Pacitan ini memiliki wahana ekstrem yang seru dan mengasyikan. Yaitu wahana flying fox dengan lintasan sepanjang 450 meter dan ketinggian sekitar 80 meter.

Untuk tarif wahana flying fox yaitu Rp.30.000 / orang.

Pantai Taman Pacitan ini juga menjadi kawasan pelestarian penyuk sejak akhir tahun 2013. Dijalankan bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang.

Hampir lebih dari 1.500 anak penyu telah dikembalikan dan dilepas ke laut. Jenis-jenis penyu yang dilestarikan disini juga sangat beragam.

Wisatawan dapat menyaksikan mulai dari proses perkembangan hingga perawatan penyu sampai melepasnya ke laut. Penangkaran penyu tersebut dikelola oleh penduduk setempat yang tergabung dalam kelompok konservasi penyu.

Setiap pelepasan seekor penyu dihargai Rp.20.000,-. Penyu-penyu tersebut didapatkan dari laut ketika keluar dari pantai untuk bertelur di malam hari. Biasanya pada bulan-bulan tertentu yaitu diantara bulan April hingga Agustus.(*)

Kategori :