Taman Nasional Bali Barat: Destinasi Wisata Keluarga yang Sangat Menajubkan

Rabu 26-07-2023,08:48 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.IDBali bukan hanya terkenal dengan wisata pantainya yang sangat memanjakan mata kita, akan tetapi Bali juga menyajikan tempat wisata sangat mengasikan untuk berlibur bersama keluarga.

Tidak habis-habisnya jika kita berbicara tentang wisata yang ada di Bali, karena memiliki begitu banyak objek wisata yang memanjakan mata. Salah Satunya Taman Nasional Bali Barat atau disingkat (TNBB).

Taman nasional Bali Barat ini, merupakan satu dari sejumlah kawasan pelestarian alam di Bali mulai dari hutan lebat, air laut, pantai, pegunungan hingga satwa lucu yang dapat pengunjung nikmati.

Selain itu kalian juga dapat bermain bersama satwa dan menikmati bunga-bunga yang cantik. Taman nasional bali barat ini merupakan perpaduan yang menarik antara ekosistem darat dan laut.

Berikut adalah beberapa informasi tentang wisata Taman Nasional Bali Barat, antara lain:

Habitat burung jalak bali dan satwa lainnya

Taman Nasional ini juga menjadi tempat bagi satwa terutama bagi burung jalak Bali, hal tersebut karena memang taman ini dibangun dengan tujuan melestarikan burung jalak bali. Hal ini dikarenakan burung jalak telah masuk dalam kategori hewan yang hampir punah dan untuk melihat mereka biasanya berkumpul di semenanjung prapat agung.

Tidak hanya burung jalak Bali saja akan tetapi terdapat juga beberapa spesies, seperti jalak putih, jalak suren, ibis putih kepala hitam, cerek jawa, wili-wili besar, dan bangau tong tong.

Bahkan tidak hanya burung yang terdapat ditaman ini kamu juga dapat menemukan satwa lain seperti, kijang, landak, trenggiling, kancil, ikan duyung, ikan hiu, penyu sisik, penyu hijau hingga biawak dan masih banyak lagi.

Merupakan Kawasan Wisata Alam yang Indah

Ternyata TNBB ini berada diatas sekitar 210-1.144 diatas permukaan laut, bahkan tidak hanya itu, Taman Nasional Bali Barat ini juga di bagian dalamnya terdapat beberapa nama gunung terkenal. Seperti gunung prapat, gunung panginuman, hingga gunung malaye.

Selain itu juga terdapat 4 pulau kecil, seperti pulau menjangan, pulau gadung, pulau burung dan pulau kalong. Untuk ekosistem laut nya terdapat coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam.

Tidak heran bila Taman Nasional ini begitu diakui bukan hanya di nusantara saja, melainkan juga di mancanegara.

Fasilitas

fasilitas yang telah disediakan oleh Taman Nasional Bali Barat, yakni adanya pusat informasi, pondok, rumah makan, perahu motor, menara pengamatan, wisata cinta alam, penangkaran jalak bali.

Bahkan ada juga tempat untuk berkemah, peralatan menyelam, dan sebagainya yang dapat kamu nikmati selama berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki Taman Nasional Bali Barat ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500 per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp20.000 per orang untuk wisatawan asing.

Jam Buka

Wisata ini buka setiap hari dan mulai pukul 08.00 hingga 18.00 wita.

Lokasi

Taman Nasional Bali Barat ini berada di ujung barat pulau Bali, sekitar 2 kilometer dari pelabuhan di Bali Gilimanuk. Untuk yang menarik adalah wilayah Taman Nasional Bali Barat ini berada di 2 kawasan yaitu kabupaten Buleleng, dan kabupaten Jembrana, Bali dengan luas sekitar 77.000 hektar

Petunjuk Jalan Menuju TNBB

Jika kamu berangkat dari kota Denpasar, maka akan menempuh sekitar 3 jam atau sama dengan 60 kilometer untuk sampai ke Taman Nasional Bali Barat. Untuk rute yang dapat kamu ambil bisa memilih dari beberapa rute.

Seperti berangkat dari jalur utara lalu melalui Jalan Raya Gilimanuk menuju Singaraja sepanjang pantai utara pulau batik, atau bisa mengambil Jalur selatan menuju jalan raya Gilimanuk lalu ke Denpasar.

Selain itu jika berangkat dari Jalan Raya Gilimanuk, kamu bisa melalui Jalan Raya cekik menuju Seririt lalu ke Singaraja dengan jarak sekitar 85 kilometer, atau mengambil Jalan dari Surabaya ke Banyuwangi lalu menuju ke Ketapang.

Bagi kalian yang barasal dari pulau Jawa juga dapat langsung menuju ke Taman Nasional Bali Barat dengan menyeberangi selat Bali ke Gilimanuk menggunakan kapal feri dengan 30 menit waktu perjalanan.

BACA JUGA:Ini Dia Penginapan di Bawah 200 Ribu yang ada di Wisata Pantai Melasti Bali

Demikian itulah pembahasan kita mengenai informasi tentang wisata Taman Nasional Bali Barat, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :