Takut Dibilang Tua? Begini Cara Menyamarkan Garis Senyum yang Muncul Pada Wajah Anda, Dijamin

Selasa 25-07-2023,23:05 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Kerutan pada sekitar mulut atau yang kita kenal dengan garis senyum sering muncul pada usia senja. Keriput atau kerutan tersebut kadang membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Kita merasa bahwa jika muncul keriput tersebut maka kita akan terlihat tua.  

Garis senyum merupakan salah satu jenis keriput yang muncul di sekitar mulut. Terkadang garis ini juga bisa muncul di sekitar mata dan akan tampak ketika kamu tertawa.

Sayangnya, si garis senyum ini bisa semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia. Bagi banyak orang, terutama wanita merasa, keberadaan garis senyum ini lumayan bisa mengganggu penampilan.

Sehingga tak jarang banyak yang mencari cara menyamarkan garis senyum baik secara alami maupun dengan bantuan medis.

Penyebab Garis Senyum

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab garis senyum, seperti misalnya:

1.     Berkurangnya elastisitas kulit (kolagen)

2.     Kulit kurang lembap

3.     Faktor keturunan

4.     Terlalu sering terpapar matahari

Cara Alami Menyamarkan Garis Senyum

Melansir dari laman alodoc.com, berikut cara alami menyamarkan garis senyum:

1.     Memperbaiki gaya hidup adalah prinsip utama dalam menghilangkan garis senyum secara alami. Contohnya, kamu bisa disiplin menggunakan sunscreen setiap hari untuk mencegah keriput yang disebabkan paparan sinar matahari.

2.     Menjaga kulit tetap lembap juga wajib dilakukan. Pastikan kamu minum air putih yang cukup setiap hari.

3.     Kurangi konsumsi kafein dan alkohol karena keduanya punya efek diuretik (membuang air dari tubuh).

4.     Cuci wajah kamu satu atau dua kali sehari, disusul dengan pakai moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu.

5.     Mulailah berolahraga dan memakan lebih banyak sayur dan buah ketimbang daging dan karbohidrat demi membuat kulit sehat.

Metode untuk Menyamarkan Garis Senyum

Melansir dari laman okadoc.com, berbagai prosedur kosmetik yang dapat dilakukan untuk menyamarkan garis senyum yaitu:

1.     Suntik filler

Suntik filler adalah pilihan teratas ketika kamu ingin menghilangkan garis senyum tanpa operasi. Pada suntik filler, asam hialuronat (hyaluronic acid, HA) disuntikkan pada garis senyum yang terbentuk.

Efek suntik filler untuk menyamarkan garis senyum bisa langsung terlihat. Cara ini bisa menghilangkan garis senyum selama 6 sampai 12 bulan.

Efek samping yang mungkin timbul segera setelah suntik filler adalah sakit kepala dan alergi. Selain itu jika suntik filler dilakukan berulang kali bisa menimbulkan bekas luka di bagian yang disuntik. Biayanya? Berkisar dari Rp4,5 juta – Rp10 juta.

2.     Suntik botox

Botulinum toxin atau botox termasuk “filler” yang disuntikkan ke tubuh, tetapi cara kerjanya berbeda dengan suntik filler. Pada suntik botox, dokter kulit akan menyuntikkan cairan ke bagian wajah yang ingin diperbaiki.

Botox bekerja dengan memperlemah otot di bagian tersebut yang membuat garis senyum dan keriput memudar dan tidak terlalu terlihat.

Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan setelah prosedur hanya 24 jam, dengan efek umum sakit kepala, ruam merah, dan iritasi di tempat suntik. Manfaat suntik botox bertahan sekitar tiga bulan. Biayanya di Indonesia sekitar Rp. 100 ribu per titik suntik.

3.     Laser

Cara kerja laser dalam menghilangkan keriput adalah dengan cara menghilangkan lapisan sel permukaan kulit. Dengan mengikis lapisan teratas, keriput pun ikut terangkat.

Penyembuhannya bisa memakan waktu sekitar 1-3 minggu, dengan potensi efek samping awal berupa nyeri, dan infeksi.

4.     Operasi plastik

Operasi plastik ini bisa diambil jika kamu menginginkan hasil yang permanen.

5.     Terapi induksi kolagen

Terapi induksi kolagen bertujuan meningkatkan produksi kolagen di kulit. Produksi kolagen berkurang seiring bertambahnya usia, membuat kulit semakin kurang elastis.

Manfaat terapi induksi kolagen tampak secara bertahap, biasanya setelah 9 bulan perawatan dengan total treatment 3-6 kali.

6.     Minyak konsentrat (essential oil)

Menggunakan minyak konsentrat adalah cara menghilangkan garis senyum paling “alami”. Beberapa tumbuhan yang minyak konsentratnya cocok dipakai untuk menghilangkan garis senyum diantaranya adalah:

a.     Sari mawar (rose tincture)

b.     Teh hijau

c.      Rose aqueous

d.     Pomegranate

Jika kamu menggunakan minyak konsentrat, pastikan kamu tidak alergi dengan bahan yang digunakan ya.

BACA JUGA:Ingin Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah? Daun Kelor Adalah Salah Satu Solusinya

Jika kamu memiliki masalah kulit yang serius, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter. Itulah beberapa informasi mengenai cara menyamarkan garis senyum. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Kategori :