Peringati Hari Anak Nasional, RS Bhakti Asih Brebes Buka Skrining Gratis Tumbuh Kembang Anak

Senin 24-07-2023,11:04 WIB
Reporter : Eko Fidiyanto
Editor : Ismail F

BREBES, DISWAYJATENG - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, RS Bhakti Asih Brebes (RSBA) bakal menggelar skrining tumbuh kembang anak secara gratis di Poliklinik Anak RSBA, Senin besok (24/7).

Skrining yang diperuntukkan bagi anak usia 6 bulan sampai 5 tahun ini akan dimulai pukul 10.00 WIB. Sampai Minggu petang, sudah ada 20 balita yang mendaftar untuk diskrining. 

BACA JUGA:Di Depan Wapres Maruf Amin, Ganjar Pastikan Anak-anak di Jateng Terlibat Perencanaan Pembangunan

Skrining tumbuh kembang anak ini langsung ditangani, dokter spesialis anak RSBA, dr. Arya Yuniardi Susatya. dr. Arya Yuniardi mengatakan, skrining tumbuh kembang anak sangat perlu dilakukan, terutama di usia kurang dari 5 tahun, sehingga apabila ditemukan adanya keterlambatan, dapat segera dilakukan intervensi secara dini untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Menurut dia, cara paling mudah dan mendasar dalam memantau pertumbuhan anak adalah melihat perkembangan fisiknya.

"Secara umum, berat badan anak usia 1 tahun berkisar 3 kali dari berat lahirnya. Bila ingin melakukan perhitungan yang lebih rinci, cara menghitung perkiraan tinggi badan normal anak usia 1 tahun adalah: 1,5 dikali tinggi badan saat lahir," kata dr. Arya Yuniardi Susatya.

BACA JUGA:8 Trik Cerdas Seorang Ibu di Jepang untuk Menghentikan Anak yang Kecanduan Game, Dijamin Efektif!

Dia melanjutkan, pada anak usia 1 tahun, perkembangan motorik ditandai dengan kemampuannya berdiri sendiri, membolak-balik buku, belajar melangkah, dan lain-lain. Selain itu, salah satu cara memantau perkembangan motorik anak 1 tahun adalah melihat kemampuannya makan sendiri. Pada usia ini, anak semestinya sudah bisa makan menggunakan jemarinya sendiri, walaupun belum sempurna dan masih berantakan. 

"Anak usia 1 tahun umumnya sudah bisa diajari untuk memecahkan masalah sangat sederhana. Hal inilah yang menjadi penanda perkembangan kemampuan kognitif seorang anak," ungkapnya. 

Ketua Penyelenggara Skrining Tumbuh Kembang Anak di RSBA Brebes, Nafisatun Nisari mengatakan, tujuan kegiatan skrining tumbuh kembang anak ini untuk memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023.

Skrining ini penting untuk memantau perkembangan anak yang sedang senang mengeksplorasi berbagai hal di sekitarnya. Terutama saat masa perkembangan anak berusia 1 tahun.

"Skrining tumbuh kembang anak sementara ini kuotanya terbatas tapi gratis untuk masyarakat umum," tandasnya.

Kategori :