Pemdes Karanganyar, PKK, Katar dan Ormas Bersatu, Santuni Anak Yatim

Rabu 19-07-2023,18:19 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M Sekhun

DUKUHTURI, DISWAY JATENG - Puluhan anak yatim, piatu dan dhuafa di Desa Karanganyar Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal mendapat santunan. Santunan berupa sembako dan uang tunai ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar, Ibu-ibu PKK, Pemuda Karang Taruna (Katar) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Dukuhturi.

 

Pemberian santunan dipusatkan di Balai Desa Karanganyar, Rabu (19/7). Hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKB, Khujatul Islam.

 

"Santunan ini dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah atau 1 Suro dalam penanggalan Jawa," kata Kepala Desa Karanganyar Mas'udi, di sela-sela pemberian santunan.

BACA JUGA:Ini Saran Komisi II DPRD, Pasar di Kabupaten Tegal Dikelola BUMD. Kenapa?

Dia berujar, jumlah penerima santunan untuk anak yatim dan piatu ini sebanyak 22 anak. Sedangkan kaum dhuafa dan orang tua jompo 28 orang. Mereka merupakan warga Desa Karanganyar yang tersebar di sejumlah RT.

 

Menurut Mas'udi, kegiatan santunan ini merupakan agenda rutin setiap Tahun Baru Islam. 

 

"Untuk menyukseskan kegiatan ini, kita bekerjasama dengan berbagai elemen di desa. Yakni, ibu-ibu PKK, Katar dan Ormas PP," ucapnya.

BACA JUGA:Angka Perceraian di Kabupaten Tegal Tinggi, DPRD Akan Melakukan ini

Selain santunan, lanjut Mas'udi, kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam ini, pihaknya juga menggelar khitanan massal di desanya. Kali ini, sebanyak 12 anak yang mengikuti kegiatan tersebut.

 

Mas'udi menyatakan, khitanan massal ini gratis tanpa dipungut biaya. Peserta justru mendapatkan bantuan berupa baju koko, sarung, peci, sejumlah uang tunai dan pengobatan setelah dikhitan hingga sembuh.

Kategori :