Mencicipi Makanan Khas Kebumen Terpopuler, Nomor 6 Tidak di Semua Daerah Ada

Rabu 19-07-2023,16:00 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

Jika biasanya menu soto diisi oleh ayam kampung ataupun daging sapi, soto Tamanwinangun ini berisi daging itik serati yang tentunya sangat empuk. Ditambahkan dengan kuah santan yang kental, bayangkan saja betapa gurihnya soto Tamanwinangun ini disuapan pertamanya.

Walaupun soto ini biasanya dimakan dengan ketupat, tetapi bila kamu lebih menyukai memakannya dengan nasi panas, tentunya tidak salah juga.

3. Emping Mendem

Satu lagi kudapan khas Kebumen yang layak Anda bawa pulang yaitu emping mendem. Panganan yang satu ini masih menggunakan biji melinjo sebagai bahan utamanya, yang membedakannya yaitu teksturnya yang lebih padat dan gemuk daripada emping pada umumnya.

Dengan variasi rasa dari makanan ini cukuplah beragam dan cocok bagi semua lidah, mulai dari pedas asin sampai manis cocok dipadukan dengan emping mendem.

4. Lanting

Selanjutnya Lanting. Hampir sebagian dari kamu pasti pernah mencicipi makanan yang satu ini. Ini masih dalam kategori kudapan, Lanting merupakan makanan asli dari Kebumen. 

Bagi yang belum tahu, lanting merupakan sejenis cemilan yang menggunakan bahan utama dari singkong dan biasanya mempunyai bentuk angka delapan. Rasa singkongnya yang kuat membuat lanting ini cocok menjadi teman kopi atau teh kamu.

Ini sama seperti makanan lainnya, pada awalnya kemunculan lanting cuma diikuti oleh dua rasa, yaitu original dan bawang goreng. Namun saat ini, eksplorasi rasanya semakin jauh sehingga ada lanting rasa keju hingga balado.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Pantai Yang Ada diKebumen, Nomor 3 Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia

5. Nasi Penggel

Untuk selanjutnya dari kabupaten Kebumen kali ini masuk ke dalam kategori berat dan cocok dimakan untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. 

Kuliner Nasi Penggel ini yaitu nasi yang biasanya dihiasi oleh lauk pauk, mulai dari kikil sampai jeroan sapi. Biasanya ini dilengkapi oleh sayur nangka. 

Rasa gurih dari nasi yang biasa diisi oleh tujuh sampai delapan lauk ini sangat sayang bila Anda lewatkan. Dan untuk merasakan Nasi Penggel yang otentik ini, pertama-tama kamu harus lebih dahulu sampai ke kabupaten Kebumen.

6. Kethek

Tentang Kreativitas masyarakat Kebumen berikutnya dalam mengolah limbah makanan tidak perlu diragukan lagi.Yaitu salah satu olahan makanan yang sangat unik dari kabupaten yang satu ini adalah Kethek. 

Kategori :