DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Pemilihan Duta Ligkungan Hidup

Senin 17-07-2023,15:08 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M Sekhun

SLAWI, DISWAY JATENG -  Setelah sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi Cocid 19, pemkab melalui Dinas Lingkungam Hidup ( DLH)  kembali menggulirkan pemilihan Duta Lingkungan Hidup untuk pelajar jenjang SMA/ SMK/ MA diwilayah Kabupaten Tegal. Untuk selanjutnya agenda ini akan digulrkan setiap tahun.

 

Kepala DLH Muchtar Mawardi SKM .Mkes melalui Kabid Penataan Lingkungan, Taroyo menyatakan tujua digelarnya ajang pemilihan duta lingkungan hidup untuk menyiapkan kader lingkungan hidup yang nantinya dapat menjadi penggerak ditengah masyarakat.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Berangkatkan Kontingen Perkemahan Bakti Saka Kalpataru

"Pemilihan Duta Lingkungan dilakukan dengan memilih satu pasangan (putra dan putri) siswa sekolah menengah umum yang diutus dari seluruh sekolah jenjang SMA / SMK/ MA. Nantinya Duta Lingkungan dipilih oleh dewan juri yang telah ditunjuk oleh panitia, yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup, perguruan tinggi dan pengiat lingkungan hidup," ujarnya Senin 17 Juli 2023.

 

Pihaknya menegaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup  adalah mensosialisasikan kepedulian dan pemahaman tentang pelestarian lingkungan pada generasi muda.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Loloskan Dua Sekolah, untuk Raih Adiwiyata Tingkat Provinsi

"Selebihnya memilih wakil generasi muda yang dapat menjadi teladan dan representasi bagi generasi muda lainnya dalam mensosialisasikan dan melaksanakan pelestarian lingkungan," cetusnya.

 

Untuk pendaftaran pemilihan uta Lingkngan Hidup dibuka sejak 17 Juli hingga 28 Juli 2023 mendatang. 

 

"Untuk persyarakat selain peserta terdaftar  dari SMA / SMK/ MA di Kabupaten Tegal, mereka juga harus memiliki  kepedulian, pengetahuan, kemampuan dan kreatifitas  di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Untuk  syarat dan ketentuan  bisa dilihat di  https:/dlh.tegalkab.go.jd/," cetusnya.

 

Sementara untuk kreteria penilaian mencakup ujian tes tertulis pengetahuan dasar di biang lingkungan hidup, serta uji  kemampuan kreatifitas atau inovasi  melalui pembuatan essay an field trip dengan tema ' hidup asyik tanpa sampah plastik'.

Kategori :