Ternyata di Banyumas Ada Curug Cipendok, Menyajikan Keindahan Pesona Alam Yang Menawan

Minggu 16-07-2023,21:24 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG.ID - Ternyata di Banyumas Jawa Tengah terdapat sebuah curug bernama curug Cipendok, dengan sajian alam yang sangat menawan.

Banyumas, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, dikenal dengan pesona alamnya yang indah. Salah satu destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi di daerah ini adalah Curug Cipendok, sebuah air terjun yang menakjubkan.

Curug adalah istilah dalam bahasa Jawa yang merujuk pada "air terjun," dan Cipendok adalah nama tempat di mana air terjun ini berada.

Air terjun ini telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional, yang ingin menikmati keindahan alam dan mengeksplorasi pesona alam Jawa Tengah.

Lokasi dan Akses

Curug Cipendok terletak di Desa Karangkobar, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Daerah ini dapat dijangkau dengan mudah dari pusat kota Banyumas dan berbagai kota terdekat di sekitarnya.

Setelah tiba di Desa Karangkobar, wisatawan harus melakukan perjalanan pendakian selama beberapa waktu untuk mencapai lokasi air terjun. Jalur trekking ke Curug Cipendok relatif menantang, tetapi pemandangan yang menakjubkan sepanjang perjalanan membuatnya sepadan.

Untuk menuju Curug Cipendok di Banyumas, Jawa Tengah, berikut adalah rute yang dapat Anda ikuti:

Rute dari Kota Purwokerto (pusat kota Banyumas)

• Mulai dari pusat kota Purwokerto, arahkan kendaraan ke arah selatan menuju Jalan Jenderal Sudirman atau Jalan Mayor Kusmanto.
  • Lanjutkan perjalanan menuju timur melalui Jalan Jenderal Sudirman hingga mencapai perempatan di Desa Karangkobar.
  • Pada perempatan Desa Karangkobar, belok kiri menuju Desa Karangkobar.
  • Ikuti jalan utama menuju Desa Karangkobar hingga tiba di lokasi Curug Cipendok.
  • Rute dari Kota Banjarnegara

• Jika Anda berada di Kota Banjarnegara, arahkan kendaraan ke arah utara menuju Jalan Raya Banjarnegara - Purbalingga.
  • Lanjutkan perjalanan menuju arah timur melalui Jalan Raya Banjarnegara - Purbalingga hingga mencapai perempatan Desa Karangkobar.
  • Di perempatan Desa Karangkobar, belok kanan menuju Desa Karangkobar.
  • Rute dari Kota Purbalingga

• Jika Anda berada di Kota Purbalingga, arahkan kendaraan ke arah selatan menuju Jalan Raya Banjarnegara - Purbalingga.
  • Lanjutkan perjalanan menuju arah barat melalui Jalan Raya Banjarnegara - Purbalingga hingga mencapai perempatan Desa Karangkobar.
  • Di perempatan Desa Karangkobar, belok kiri menuju Desa Karangkobar.
  • Harap diingat bahwa rute di atas adalah panduan umum untuk mencapai Curug Cipendok dari beberapa kota terdekat. Jalan-jalan lokal mungkin mengalami perubahan atau ada rute alternatif, oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi peta atau GPS terbaru untuk memandu perjalanan Anda.

Selama perjalanan, pastikan untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda dan membawa air minum serta camilan. Selalu periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat dan patuhi peraturan lalu lintas dan keselamatan di jalan. Nikmati perjalanan Anda menuju Curug Cipendok dan selamat menikmati pesona alamnya yang indah!

Keindahan Curug Cipendok

Curug Cipendok menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan air terjun yang mengalir deras dari ketinggian.

BACA JUGA:Ungkap! Inilah Wisata Baturraden Beserta Dengan Pilihan Destinasi Wisatanya

Suara gemericik air dan suasana alam yang hijau membuat pengunjung merasa damai dan terhubung dengan alam.

Selama perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan melewati area hutan yang alami dan beragam medan. Ini juga memberikan kesempatan bagi para pecinta alam dan penggemar fotografi untuk mengeksplorasi dan mengabadikan keindahan alam.

Aktivitas di Curug Cipendok

Curug Cipendok bukan hanya tempat yang menarik untuk dinikmati dari kejauhan. Pengunjung juga dapat menikmati aktivitas menyenangkan seperti berenang atau berendam di kolam air terjun.