Jika Ingin Mengadakan Party BBQ dengan Budged Minim, Pakai Bahan Makanan Ini Dijamin Enak

Kamis 13-07-2023,01:26 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

DISWAYJATENG.ID - Untuk merayakan momen tertentu yang berkesan, kita sering pesta barbeque atau BBQ party . Tidak hanya saat tahun baru, pesta barbeque dapat dilakukan untuk kumpul bersama keluarga atau orang terdekat, lho. 

 

Apalagi, pesta barbeque tidak membutuhkan banyak biaya , serta tidak harus selalu dilakukan di luar ruangan menggunakan alat pemanggang arang yang besar. 

 

Kita juga bisa membuat acara BBQ di dalam rumah dengan memakai kompor, wajan pemanggang, atau alat pemanggang gas. Tentunya, makanan yang dihasilkan juga tidak kalah lezat, lho. 

 

Umumnya, hidangan BBQ yang bisa disajikan juga cukup beragam, mulai dari daging hingga sayuran.  

 

Lantas, Apa Saja Menu BBQ yang Praktis?

 

Mengadakan pesta barbeque tentunya perlu memikirkan menu praktis yang mudah dibuat. Jadi, kira-kira apa saja menu yang praktis dibuat di rumah? Simak berikut ini.

 

1. Ayam Panggang Ide menu BBQ pertama pertama adalah ayam panggang. Untuk menghasilkan tekstur daging yang lezat, kamu bisa memilih bagian paha ayam. 

Bagian ini memiliki tekstur lembut dan gurih sehingga masakan kamu pasti akan terasa lebih nikmat. Agar lebih praktis, pilihlah daging ayam boneless atau tanpa tulang, ya.

Kamu merebus ayam dulu hingga setengah matang agar saat pesta barbeque lebih cepat memasaknya. Lalu, masak menggunakan api sedang agar ayam bisa matang merata. 

Hindari mengonsumsi ayam yang belum matang sempurna karena terdapat bakteri berbahaya bagi tubuh kamu, lho.  

2. Daging Sapi sebagai Menu BBQ Utama Pesta barbeque akan kurang lengkap rasanya tanpa si bintang utama ini. Ya, apalagi kalau bukan daging sapi. Primadona dalam setiap menu bakar-bakaran ini tentu tidak boleh kamu lewatkan.  Bahkan, jika menggunakan daging sapi premium , seperti wagyu beef yang segar, kamu tidak perlu menambahkan banyak bumbu, lho. Namun, kamu tetap bisa menggunakan daging sapi untuk dijadikan sate. 

BACA JUGA: 

Lezatnya Mangut Beong Makanan Khas Magelang Selain Rasanya juga Bergizi Tinggi

 

 

3. Scallop sebagai Menu BBQ Seafood Jika mengaku pencinta seafood, maka hidangan kerang harus masuk dalam daftar menu BBQ praktis. Salah satu kerang favorit yang bisa kamu jadikan pelengkap di pesta barbeque adalah scallop . 

Scallop atau kerang kampak ini mengandung protein yang tinggi, tetapi rendah lemak dan kalori, lho. 

4. Sosis Bakar Ide menu BBQ lain yang praktis untuk pesta barbeque adalah sosis bakar. Makanan satu ini mudah kamu dapatkan dan cocok dipadukan dengan berbagai bumbu, mulai dari saus barbeque , sambal, hingga mayonaise. 

Agar mudah memanggangnya, kamu bisa menusuk sosis dengan tusukan sate yang tebal. Supaya semakin bervariasi dan nikmat, kamu dapat menambahkan bakso di dalam tusukan sosis tersebut.

5. Ikan Jika kamu sedang BBQ di pantai, mungkin kamu bisa memasukkan ikan sebagai salah satu menu makanan yang lezat untuk dibakar. Jenis ikan yang paling banyak digunakan untuk BBQ biasanya ikan kakap, bawal, kerapu, baronang, dan gurami.

Sebelum dibakar, biasanya ikan dibelah dua sehingga matangnya lebih merata. Untuk bumbunya sendiri bisa menggunakan bumbu kecap, kuning, asam manis, ataupun bumbu madu.

 

6. Sayap Ayam Tidak hanya daging ayam, bagian sayap ayam juga menjadi salah satu menu makanan untuk BBQ yang bisa kamu jadikan pilihan. Sayap ayam beserta kulit dan tulangnya menjadi menu bakaran yang cukup lezat.

Sebelum dibakar, oleskan sayap ayam dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, garam, dan lada. Setelah itu ungkep ayam hingga agak empuk. Kemudian barulah kamu bisa membakar sayap ayam dan jangan lupa untuk mengoleskan bumbu kecap diatasnya.

7. Jagung Bakar Jagung bakar juga dapat menjadi salah satu ide makanan untuk BBQ yang mudah dan gampang diolah. Menu ini akan sangat enak dinikmati saat cuaca sedang dingin. Kamu hanya perlu mengoleskan mentega atau margarin merata ke jagung, sehingga aroma bakarnya menjadi lebih wangi dan gurih.

8. Bakso Bakso tak hanya nikmat disajikan bersama kuah yang hangat, namun juga terasa lezat saat dibakar. Kamu bisa menjadikan bakso sebagai salah satu andalan makanan untuk BBQ. Siapkan terlebih dahulu bakso, entah itu bakso sapi, ikan, maupun ayam sesuai selera.

Setelah itu kamu bisa membuat bumbu bakar olesan dari bawang putih, kecap, tomat, saus sambal, merica bubuk, dan garam. Sebelumnya rebus bakso terlebih dahulu, setelah dingin kamu bisa membumbuinya dengan saus yang sudah dibuat dan kemudian dibakar.

9. Marshmallow Ingin makanan untuk BBQ yang berbeda? Kamu bisa mencoba menggunakan marshmallow dan coklat leleh. Tusuk-tusuk marshmallow dan kemudian bakar di atas api. Tak perlu terlalu lama, cukup sebentar saja hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelahnya kamu bisa mencelupkan marshmallow ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan.

 

Nah ini tadi beberapa makanan untuk BBQ yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk pesta BBQ. Bagaimana? Sangat menggoda bukan? Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu.(*)

 

 

Kategori :