Bikin Merinding! 8 Daftar Urban Legend Indonesia Yang Paling Terkenal

Selasa 11-07-2023,18:29 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Urban legend merupakan mitos yang berkembang di tengah masyarakat dan dipercaya sebagai kebenaran. Kisah urban legend biasanya diceritakan secara turun temurun dan disebarkan dari mulut ke mulut.

Kebanyakan urban legend berkaitan dengan hal mistis yang membuat bulu kuduk meremang. Meskipun kisahnya tergolong menyeramkan, tak sedikit orang yang justru tertarik mengetahuinya.

Nah, kalau kamu juga penasaran, berikut urban legend di Indonesia yang paling terkenal!

1. Terowongan Casablanca

Terowongan yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ini merupakan salah satu lokasi yang dianggap angker. 

Menurut kisah yang berkembang di masyarakat, tempat ini menjadi lokasi bunuh diri seorang lelaki paruh baya yang tidak diketahui namanya. Ia mati gantung diri menggunakan kain bekas spanduk.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa di lokasi terdapat hantu kuntilanak merah. Hantu ini sering mengganggu pengguna jalan.

Kabarnya, pengguna jalan wajib membunyikan klakson sebanyak tiga kali saat melewati terowongan ini. Hal ini bertujuan agar si pengguna jalan tidak mengalami kecelakaan.

Reputasi mistis dari terowongan ini bahkan telah diangkat ke layar lebar dalam film berjudul Terowongan Casablanca (2007).

2. Hantu Jeruk Purut

Dikenal sebagai hantu Jeruk Purut karena makhluk ini kerap menampakkan diri di sekitar Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. Konon, ia bergentayangan karena belum menemukan lokasi makamnya.

Menurut cerita yang beredar, hantu tersebut dulunya adalah seorang pastor yang dibunuh secara tragis di zaman penjajahan Belanda. Hingga kini arwah hantu Jeruk Purut masih bergentayangan.

Ia selalu mengelilingi pemakaman tersebut sembari menenteng kepalanya. Dalam pencarian makam yang tak pernah ditemukan, Hantu Jeruk Purut  ditemani anjing hitam bermata merah. Kisah urban legend Indonesia ini pernah diangkat ke layar lebar dengan judul Hantu Jeruk Purut di tahun 2006.

3. Mr. Gepeng

Konon katanya, Mr. Gepeng dulunya adalah seorang pria kaya yang mengalami kecelakaan di dalam lift sehingga tubuhnya terjepit menjadi gepeng dan tewas ditempat.

Cerita lainnya yang beredar adalah dulunya ia tewas terlindas buldoser sehingga tubuhnya menjadi gepeng tidak terbentuk lagi. Kisah ini bahkan cepat sekali menyebarnya ke berbagai daerah di Indonesia.

4. Nenek Gayung

Nenek Gayung merupakan makhluk berwujud nenek tua yang tiba-tiba muncul di pinggir jalan. Hantu ini dikabarkan mengenakan kebaya hitam kumal dan berjalan agak membungkuk.

Ia juga membawa dua peralatan tak biasa, yakni gayung dari batok kelapa dan sebuah tikar dari anyaman pandan. Konon, kedua peralatan tersebut digunakan untuk memandikan jenazah yang berpapasan dengannya.

BACA JUGA:7 Mitos di Jawa yang Masih Dipercaya Masyarakat Hingga Sekarang, Ternyata Punya Makna di Baliknya

5. Kolor Ijo

Selanjutnya, ada Kolor Ijo yang juga tak kalah ramai pada beberapa tahun lalu. Tepatnya pada tahun 2003 yang mana ada kasus perselingkuhan di Kampung Cijengkol, Kecamatan Setu, Bekasi.

Si korban menceritakan kalau dirinya telah diserang pria bertubuh besar dengan banyak bulu yang menggunakan celana pendek berwarna hijau. Setelah cerita seram itu viral, Kolor Ijo langsung merambat ke kampung-kampung di Indonesia.

Sejak saat itu, banyak yang menyimpulkan bahwa sosok ini adalah seseorang yang sedang menyempurnakan ilmu hitamnya dengan syarat memperkosa wanita.

6. Nyi Roro Kidul

Kemudian, ada Nyi Roro Kidul yang masih dibicarakan sampai saat ini. Nyi Roro Kidul sebenarnya merupakan tokoh mitologis penguasa Pantai Selatan.

Maka dari itu, orang-orang yang berkunjung ke Pantai Selatan tidak boleh menggunakan baju warna hijau. Alasannya karena hijau adalah warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul. Apabila melanggar aturan tersebut, maka orang itu akan ditarik ke tengah laut dan tidak akan ditemukan lagi

7. Wewe Gombel

Ada juga Wewe Gombel yang sampai saat ini masih ditakuti oleh masyarakat. Menurut kepercayaan, sosok ini adalah wanita berambut panjang dengan payudara besar yang digantung.

Makhluk tersebut sering kali menculik anak-anak yang kurang kasih sayang dari orang tuanya atau sedang tidak dalam pengawasan ayah dan bundanya. Untuk mencari anak-anak yang ditangkap oleh Wewe Gombel ini butuh perjuangan ekstra.

Beberapa orang harus menyembunyikan beberapa barang agar terdengar makhluk ini. Apabila sudah ditemukan, sang anak harus mandi menggunakan air seni agar tidak tercium oleh Wewe Gombel.

8. Kake Cangkul

Ada juga Kakek Cangkul yang juga sempat menjadi bahan perbincangan beberapa waktu lalu. Kakek Cangkul ini mempunyai penampilan layaknya pria tua biasa dengan membawa cangkul berkarat ke mana-mana.

Ia berperilaku seperti itu, karena jenazahnya tidak dikubur dengan layak. Konon katanya, Kakek Cangkul merupakan suami dari Nenek Gayung yang sudah dijelaskan pada poin pertama tadi.

Apalagi karena saking hitsnya, Kakek Cangkul dijadikan sebuah film layar lebar pada tahun 2012 silam.(*)

Kategori :