Orang Enggan Makan Petai karena Timbulkan Bau! Ini lho Puluhan Manfaat Mengonsumsinya, Yakin Masih Gak Mau?

Selasa 11-07-2023,11:21 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Petai sering orang menilai karena menimbulkan bau setelah mengonsumsinya. Jarang orang tahu tentang manfaat petai ini.

Selain bau mulut, petai juga menimbulkan bau pada air seninya. Walaupun untuk soal rasa, petai memiliki rasa khas tersendiri yang membuat banyak orang suka. Nyatanya petai dan segala sajian olahan petai masih menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Petai bisa kita jumpai dalam beragam olahan yang menggugah selera. Seperti sambal petai, lodeh, sampai nasi goreng. Tahukah anda kenapa petai menimbulkan bau tak sedap?

Melansir dari Humaniora, petai mengandung asam amino dengan unsur belerang yang cukup tinggi,  inilah yang kemudian membuat petai bau. Terlepas dari aromanya yang begitu kuat, petai merupakan salah satu sayuran yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dengan begitu banyaknya manfaat petai, tak heran jika sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini banyak digunakan sebagai obat herbal. Mulai dari membantu menjaga kesehatan tubuh hingga kesehatan mental. Selain dari manfaatnya perlu juga anda pahami efek samping dari petai tersebut, penasaran?

Manfaat Petai

Manfaat petai untuk kesehatan Dengan beragam kandungan yang terbukti banyak berdampak baik untuk kesehatan, terangkumlah berbagai manfaat petai untuk kesehatan fisik dan psikis pada manusia, seperti berikut ini:

1.     Membantu Tubuh Lebih Rileks

Dalam petai terkandung senyawa asam amino triptofan, yakni senyawa yang berada dalam tubuh akan berubah menjadi hormon serotonin. Salah satu fungsi dari hormon serotonin ini adalah membantu tubuh menjadi rileks, nyaman, serta membuat suasana hati menjadi lebih baik.

2.     Sumber Antioksidan

Petai merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Sebuah

penelitian menunjukkan kandungan antioksidan  dalam petai dapat menghancurkan radikal bebas lebih dari 70% dalam tubuh.

Antioksidan berfungsi membantu tubuh menangkal radikal bebas dan mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, sehingga mencegah risiko kanker. Senyawa aktif ini dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh yang terbawa radikal bebas.  

3.     Mencegah Hipertensi

Petai merupakan sayuran yang sangat kaya akan kalium tetapi rendah garam. Sayuran yang ideal untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalium bermanfaat menstabilkan detak jantung, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan melancarkan aliran darah. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melaporkan petai dalam menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terkena stroke, dan penyakit jantung.

4.     Mengobati Anemia

Petai kaya akan kandungan zat besi, salah satu nutrisi penting dalam tubuh untuk mencegah anemia.

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Zat besi berfungsi untuk mendorong pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga dapat mencegah maupun menangani masalah anemia.

5.     Menjaga kesehatan jantung

Manfaat petai selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karenakan kandungan kalium dalam petai yang mampu menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil.

6.     Melancarkan Sistem Pencernaan

Petai termasuk sayuran yang mengandung banyak serat, sehingga baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat yang ada dalam makanan dapat membantu menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan mengurangi iritasi  pada lapisan lambung.

7.     Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain melancarkan sistem pencernaan, serat yang terkandung dalam petai juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan serat dalam petai mampu membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat penyerapan gula dalam tubuh.

8.     Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian mengungkapkan petai yang mengandung kalium dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak secara keseluruhan.

Pasalnya kalium merupakan sumber mineral penting untuk mengatur keseimbangan cairan, otot, dan sinyal saraf pada otak.  

9.     Menjaga Kesehatan Ginjal

Petai mengandung sejumlah senyawa yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan antioksidan, beta-sitosterol, stigmasterol, siklik polisufida, dan triathiolane dalam petai ini memiliki sifat antihipertensi, analgesik, antimikroba, dan antiinflamasi sehingga mampu mengatasi gangguan ginjal akibat infeksi.

10. Mengatasi Kegemukan

Sebuah penelitian oleh Institute Psychology Austria mengungkapkan petai dapat mengatasi masalah kegemukan. Pasalnya petai mampu mengurangi nafsu makan berlebihan ketika beban kerja semakin tinggi.  

11. Memberikan Stamina

Mengonsumsi petai dapat memberikan tenaga atau stamina yang cukup selama melakukan aktivitas berat.

Ini karena kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta serat di dalam petai sangat bermanfaat bagi kebugaran dan vitalitas tubuh.

12. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi perempuan yang akan memasuki periode haid, ternyata petai juga bermanfaat dalam mengurangi resiko terkena premenstrual syndrome (PMS). Kandungan B6 dalam petai mampu mengatur kadar gula darah yang memengaruhi suasana hari seseorang. Kandungan vitamin B6 inilah yang dapat membantu perempuan mengurangi nyeri akibat PMS.

13. Manfaat Lainnya

Selain beragam manfaat tersebut, petai juga dapat anda jadikan sebagai obat radang ginjal dan peluruh cacing perut. Selain itu, penderita penyakit kardiovaskular juga bisa menjadikan petai sebagai bahan pangan alternatif yang aman untuk anda konsumsi harian. Selain itu juga dapat mengatasi efek samping dari kekenyangan berupa timbulnya panas di dada, mengatasi mual di pagi hari, dan dapat menghindari gigitan nyamuk.

Efek samping

Bila anda konsumsi berlebihan, akan menimbulkan efeksamping yang berbeda-beda. Antara lain sakit kepala, mual, dan muntah. Selain itu, petai berpotensi menyebabkan risiko terkena batu ginjal dan radang sendi karena kandungan purin yang tinggi. Dalam beberapa kasus, mengonsumsi petai juga dapat menimbulkan efek samping berupa alergi, seperti ruam kulit, sesak napas, dan gatal-gatal. Apabila mengalami efek samping yang lebih serius, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memberikan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Takut Teman Pada Minggir Setelah Makan Jengkol? Ini Solusinya, Dijamin PeDe Lagi

 

Itulah beberapa manfaat dari petai yang belum banyak orang tahu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. (*)

 

Kategori :