Takut Teman Pada Minggir Setelah Makan Jengkol? Ini Solusinya, Dijamin PeDe Lagi

Takut Teman Pada Minggir Setelah Makan Jengkol? Ini Solusinya, Dijamin PeDe Lagi

--

DISWAYJATENG – Mungkin anda termasuk salah satu orang yang kebingungan mengatasi bau jengkol pada mulut setelah mengonsumsinya. Sudah bukan rahasia lagi jika jengkol merupakan sajian makanan yang nikmat dan lezat.

Tapi sebagian orang lagi masih berpikir untuk menyantapnya. Mengapa? Ini karena efek dari jengkol itu sendiri yang menimbulkan bau kurang sedap pada mulut anda.

Setelah anda menyantap sajian jengkol kemudian langsung berkomunikasi tatap muka dengan orang, pasti lawan bicara akan kaget dengan aroma mulut kita.

Banyak orang yang mencari cara menghilangkan bau jengkol pada mulut usai mengonsumsi makanan yang satu ini. Ya, jengkol seperti halnya petai, adalah salah satu makanan berbau khas yang akan menempel cukup lama pada orang-orang yang menyantapnya.

Aroma jengkol berasal dari asam amino yang akhirnya membentuk sulfur, membuat mulut hingga urine menjadi berbau. Terkadang, bau ini tak bersahabat bagi sebagian orang.

Itulah sebabnya anda harus tahu cara menghilangkan bau jengkol pada mulut agar tak mengganggu kenyamanan lawan bicara. Karena selain tercium oleh orang lain,

aroma khas jengkol ini sendiri bisa membuat penyantapnya kurang percaya diri.

Mengutip dari fimela, ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Jadi, apa saja cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang bisa Anda lakukan? Simak ulasan lengkapnya.

1.    Gunakan Obat Kumur

Setelah menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dan menyikat lidah, cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang kedua adalah dengan menggunakan obat kumur.

Obat kumur akan membantu keseluruhan upaya bersih-bersih pada mulut Anda dari bau jengkol yang menyengat. Anda bisa menggunakan obat kumur apa saja yang tersedia di

supermarket atau swalayan.

2.    Sikat Gigi

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang pertama adalah dengan menyikat gigi usai menyantapnya. Gunakan pasta gigi berfluoride untuk memastikan seluruh bakteri

penyebab bau mulut, terlebih usai memakan jengkol, dapat hilang sempurna.

Sikat juga gigi Anda dengan cara yang benar untuk memaksimalkan kebersihannya. Tak lupa, bersihkan pula lidah dengan cara menyikatnya secara perlahan karena lidah adalah tempat tumbuh kembang bakteri.

3.    Kunyah Daun Mint

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut lainnya adalah dengan mengunyah daun mint. Daun mint terkenal dengan aroma mentol yang menyegarkan. Aroma mentol ini pun

telah banyak digunakan sebagai pewangi pada beberapa jenis pembersih mulut hingga permen.

Jadi, Anda juga bisa menggunakan beberapa lembar daun mint untuk menetralisir bau jengkol di mulut. Kunyah daun mint hingga bau jengkol dirasa sudah hilang.

Setelahnya, jangan lupa untuk berkumur untuk membersihkan mulut, ya!

4.    Minum Yoghurt

Meminum yoghurt adalah cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang kelima. Yoghurt diketahui memiliki kandungan bakteri sehat yang disebut lactobacillus.

Bakteri sehat ini sangat baik untuk membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh, terutama di usus.

Pada beberapa penelitian, diketahui bahwa kandungan probiotik pada yoghurt ternyata juga sangat efektif untuk mengurangi bau mulut. Namun, pastikan jenis yogurt yang hendak Anda konsumsi adalah jenis yang rendah gula agar tak berbahaya bagi tekanan gula darah Anda.

5.    Minum Kopi

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang ketiga adalah dengan meminum kopi. Jika Anda makan jengkol di luar rumah sehingga tak sempat menyikat gigi dan berkumur-kumur pada saat itu, minum kopi adalah pilihan alternatif untuk menetralisir baunya di mulut.

Kopi sudah terkenal sebagai penghilang bau tak sedap yang ampuh. Selain diminum, Anda juga bisa lho, berkumur-kumur dengan bubuk kopi yang telah dicampur air.

Berkumur dengan kopi bisa dipilih jika Anda memiliki masalah lambung dan tak tahan mengonsumsi kopi.

6.    Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet adalah salah satu cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang tercepat. Ini adalah solusi paling umum dan paling efektif bagi orang yang ingin segera menghilangkan bau tak sedap pada mulutnya, terutama bau jengkol.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, pastikan Anda memilih permen karet dengan rasa mint atau beraroma mentol. Sebab tidak semua jenis dan rasa permen karet memiliki kemampuan untuk menyegarkan aroma mulut dengan sempurna.

BACA JUGA:Daun Kelor Tidak Ada Manfaatnya, Siapa Bilang? Jangan Kaget Lihat yang nomor 7

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut setelah mengonsumsi jengkol. Anda tidak perlu takut lagi menyantap nikmatnya sajian jengkol. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: