Curug Cimahi: Salah Satu Destinasi Air Terjun di Bandung

Senin 10-07-2023,23:30 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Curug Cimahi atau air terjun Pelangi merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang layak kalian kunjungi. Curug Cimahi jadi salah satu tempat asyik untuk relaksasi pikiran, karena tempat untuk melepas penat kerjaan.

Air Terjun Cimahi ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter dan merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi di curug ini berasal dari nama sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang.

 

Curug Cimahi berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius. Melihat lokasi air terjun ini mungkin kalian akan berpikir letaknya berada jauh dari keramaian.

 

Padahal sama sekali tidak, karena letak air terjun ini cukup unik dan terletak persis dipinggir jalan raya. Tempatnya tersembunyi dibalik tebing dan pepohonan, namun setelah mencapai lokasi terasa seperti ditengah hutan dan alami.

 

Ditambah dengan adanya kelompok monyet liar yang cukup jinak dan menambah keunikan lokasi ini. Berikut adalah informasi tentang tempat wisata Curug Cimahi Bandung, yang antara lain;

 

1.   Air Terjun Pelangi

 

Nama Curug Cimahi merupakan nama lama sekitar 2014, Perhutani yang mengelola tempat ini melakukan branding baru, dan Curug Cimahi dipromosikan sebagai Air Terjun Pelangi.

 

Dulu tempat ini buka sampai malam di saat malam terdapat lampu berwarna-warni dibelakang air terjun, jadinya terlihat indah dan keren banget.

 

Tapi sayang sekali sekarang sudah tidak ada lampu yang menyala karena sudah pada rusak. Padahal jika dikelola dan dipertahankan sepertinya bakal jadi ikon wisata unik di Lembang dan Bandung Barat.

Kategori :