Ini Alasan Kenapa Orang Indonesia Menyukai Mie Instan, Salah Satunya Praktis?

Sabtu 08-07-2023,09:14 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Ini Alasan Kenapa Orang Indonesia Menyukai Mie Instan, Salah Satunya PraktisBisa dibilang mie instan jadi salah satu makanan favorit sejuta umat.

Bukan semata karena krisis akhir bulan sedang melanda, melainkan banyak yang memilih menyantap mie instan karena bingung mau makan apa. Sama dengan penduduk di negara lainnya, guys orang Indonesia juga suka banget makan mie instan.

Bahkan, saat pergi ke luar negeri pun gak sedikit dari mereka yang rela membawa mie instan sendiri dari Indonesia. Nah, kira-kira kenapa sih banyak orang Indonesia suka makan mie instan?

Berikut 7 alasan kenapa orang Indonesia menyukai mie instan :

1. Praktis

Namanya mi Instan ya praktis, dilihat dari cara memasak, makanan ini memang tergolong praktis, tinggal rebus makanan sudah siap disajikan. Bandingkan jika memasak masakan sendiri yang memerlukan persiapan bahan masakan, dan memakan waktu dalam prosesnya, maka dari itu mi instan banyak digemari oleh masyarakat.

Selain waktu memasak yang singkat, dari segi rasa juga tergolong enak, apalagi pada saat ini aktivitas dan kesibukan masyarakat yang tinggi, mi instan bisa dijadikan opsi untuk mengisi perut.

2. Cara memasak yang mudah

Sama seperti namanya, mie instan memang sangat mudah untuk dimasak. Hanya cukup memasukkan mie ke dalam air mendidih lalu mencampurnya dengan bumbu. Cukup dimasak dalam durasi sekitar 3 menit, mie instan sudah siap untuk disantap.

Karena cara memasaknya yang sangat mudah, gak heran kalau mie instan gampang dibuat oleh siapa saja. Berbeda dengan membuat masakan lainnya di mana kamu harus mempersiapkan banyak bahan dan proses memasaknya yang tidak sebentar.

3. Rasanya enak

Mie instan terkenal dengan rasanya yang enak dan membuat ketagihan. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang menyukai makanan instan ini.

Mie instan juga akan membuat bosan penikmatnya, karena tersedia dalam varian rasa yang berbeda-beda. Selain itu, mie instan rebus juga sangat cocok dan menyegarkan untuk dimakan ketika cuaca dingin.

4. Harganya terjangkau

Mie instan merupakan makanan ramah kantong yang dijadikan sebagai simbol hidup hemat di banyak negara dunia. Di Indonesia, mie instan dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp5.000.

Sehingga, mie instan terkadang diasosiasikan sebagai makanan anak kos atau sajian tanggal tua. Ini karena mie instan biasanya dimakan saat seseorang berada dalam kondisi keuangan yang buruk atau saat menunggu gaji cair.

Namun itu semua hanya stereotip semata, karena banyak orang yang mempunyai cukup uang dan tetap makan mie instan. Sebab, mie instan mempunyai rasa yang enak dan kelebihan lainnya.

BACA JUGA:Perut Anda Buncit? Mungkin 7 Makanan Ini Dalang Penyebabnya

5. Banyak varian rasa

Biasanya mie instan terbagi atas dua jenis yakni mie instan rebus dan mie instan goreng. Namun, dari dua jenis yang ada masih terbagi lagi ke dalam beberapa varian rasa. Mulai dari yang ayam bawang, ayam bakar, ayam kecap, aneka soto, sampai rasa khas masakan luar negeri seperti tom yum hingga bolognese pun ada.

Ini juga yang akhirnya membuat orang tidak pernah bosan dalam menyantap mie instan. Para produsen mie instan juga setiap hari seolah tak pernah berhenti berinovasi. Ada saja aneka macam variasi rasa baru yang sayang untuk dilewatkan.

6. Mudah dikreasikan jadi aneka makanan

Salah satu kreasi paling populer dari mie instan adalah disajikan bersama telur, kornet, sawi, daun bawang, dan cabai. Namun sebetulnya, mie instan juga punya banyak kreasi mulai dari omelet, dijadikan nugget, dihidangkan bersama kuah ramen, dan masih banyak lagi.

Hal ini pula yang membuat banyak orang Indonesia menyukai mie instan. Sebab gak hanya enak disantap begitu saja tapi tambah nikmat bila diolah jadi aneka makanan yang lezat. Kalau kamu paling suka membuat kreasi apa, nih dari mie instan?

7. Menghemat waktu

Mie instan adalah makanan yang dapat disajikan dengan waktu singkat. Sehingga makanan ini sangat disukai oleh orang yang sibuk dan tidak banyak waktu untuk memasak.

Misalnya seorang karyawan merasa lapar ketika masih harus mengerjakan tugas yang tenggat waktunya tidak lama lagi. Maka ia pasti akan memasak mie instan untuk mengatasi rasa laparnya dan pekerjaannya tidak akan tertinggal lama.(*)

Kategori :