Siklius Haid Tidak Teratur, Ini Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui

Kamis 29-06-2023,00:32 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

Kondisi siklus haid terjadi dengan frekuensi yang terlalu pendek yaitu kurang dari 21 hari.

Penyebab Siklus Haid Bermasalah

Secara umum, terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan siklus haid bermasalah antara lain pola makan yang tidak sehat, stres, obesitas, dan penyakit atau kondisi medis tertentu. Lebih lanjut, berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang faktor-faktor penyebab siklus haid yang bermasalah.

 

Gangguan Hormonal

Gangguan hormonal adalah penyebab paling umum dari siklus haid yang bermasalah. Perubahan atau ketidakseimbangan hormon reproduksi estrogen dan progesteron, dapat mempengaruhi proses ovulasi dan pengeluaran endometrium, yang pada akhirnya mengganggu siklus haid.

Pola Makan Yang Tidak Sehat

Konsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan yang mengandung gula atau lemak tinggi, bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh yang mengganggu siklus haid. Secara detail, makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi dapat menyebabkan fluktuasi hormon, sedangkan defisiensi nutrisi tertentu dapat mengganggu fungsi ovarium.

Stres

Stres merupakan faktor lain yang bisa menyebabkan siklus haid bermasalah. Ketika Anda mengalami stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat, yang kemudian bisa mempengaruhi kadar hormon reproduksi dan mengganggu siklus haid.

Obesitas

Obesitas bisa menjadi faktor krusial yang meningkatkan kemungkinan terjadinya siklus haid bermasalah. Obesitas bisa menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh serta membuat tubuh Anda mengalami resistensi insulin dan peradangan yang dimana kemudian bisa mempengaruhi keseimbangan hormonal.

 

Penyakit Atau Kondisi Medis Tertentu

Beberapa penyakit atau kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan siklus haid bermasalah, diantaranya sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan tiroid, endometriosis, dan kanker rahim.

 

Kategori :