Siklius Haid Tidak Teratur, Ini Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui

Kamis 29-06-2023,00:32 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

DISWAYJATENG.ID - Menstruasi atau haid adalah proses fisiologis alami yang dialami wanita dalam rangka persiapan untuk kehamilan. Ini melibatkan pengeluaran darah dan jaringan dari rongga rahim melalui vagina di setiap bulannya selama kurang lebih 3-7 hari. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda dimana sebuah siklus menstruasi dapat dianggap normal adalah antara 21-35 hari yang dihitung mulai dari hari pertama menstruasi terakhir. Jika Anda mengalami periode menstruasi yang tidak muncul selama 35 hari atau lebih, maka dapat dikatakan bahwa Anda mengalami keterlambatan menstruasi.

 

Jenis-Jenis Siklus Haid Bermasalah

Keterlambatan menstruasi menjadi salah satu bentuk siklus haid bermasalah dan jika tidak segera diketahui tanda-tandanya, hal ini bisa menjadi tanda awal dari adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

BACA JUGA: 

Merokok dan Segudang Bahaya Bagi Kesehatan Anda, Yakin Masih Mau Merokok?  

 

Menjadi lebih waspada dan sigap adalah hal pertama yang perlu dilakukan ketika mengetahui terdapat masalah pada siklus haid Anda. Waspada dapat dimulai dengan mengetahui jenis-jenis siklus haid yang bermasalah dan berikut adalah beberapa contohnya:

 

Amenore

Kondisi ini terjadi dimana seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan atau lebih secara berturut sebagaimana mestinya. Jika terjadi pada wanita yang belum mengalami pubertas, kehamilan, menyusui, dan menopause, Amenore akan dianggap wajar.

Oligomenore

Sebuah kondisi dimana siklus haid terjadi dengan frekuensi yang sangat jarang atau tidak teratur, dengan jarak waktu antar menstruasi lebih dari 35 hari. Secara mudah, seorang wanita yang memiliki oligomenore akan memiliki kurang dari 9 siklus haid dalam waktu 1 tahun.

Menoragia

Kondisi menstruasi dimana seorang wanita haid yang berkepanjangan dan banyak. Menoragia ditandai dengan perdarahan menstruasi yang berlangsung lebih dari tujuh hari dan dengan volume darah yang lebih banyak dari biasanya.

Polimenore

Tags : #nyeri haid #haid teratur #dampak haid tidak teratur
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Sabtu 27-07-2024,14:45 WIB

Prediksi Chipset Snapdragon 8 Gen 4

Terkini