Awas, Nyeri Dada dan Sesak Nafas Merupakan Gejala TB, Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Selasa 27-06-2023,11:52 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG.ID - Ternyata, nyeri dada dan sesak nafas dapat merupakan gejala dari TB, untuk penjelasan lebih lanjut, simak berikut ini. Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Penyakit ini dapat mempengaruhi organ tubuh, terutama paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ lain seperti tulang, ginjal, dan sistem saraf. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab, gejala, diagnosis, dan pengobatan tuberkulosis.

Penyebab Tuberkulosis:

Bakteri Mycobacterium tuberculosis adalah penyebab utama tuberkulosis. Penyakit ini menular melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Mekanisme penularan terjadi saat orang sehat menghirup bakteri yang tersebar dalam udara dalam bentuk droplet.

Meskipun sebagian besar orang yang terpapar bakteri tersebut tidak mengembangkan penyakit, mereka dapat menjadi pembawa bakteri dan berisiko mengalami TB aktif di masa depan jika sistem kekebalan tubuh mereka melemah.

Gejala Tuberkulosis:

Gejala tuberkulosis dapat bervariasi tergantung pada organ yang terinfeksi. Gejala TB paru-paru yang umum meliputi:

1. Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu.

2. Batuk dengan dahak berdarah atau berwarna kuning kehijauan.

3. Kelelahan yang berlebihan dan penurunan berat badan yang tidak dijelaskan.

4. Demam, keringat malam, dan menggigil.

5. Nyeri dada saat bernapas atau batuk.

Gejala TB dalam organ tubuh lainnya mungkin termasuk nyeri tulang, pembengkakan kelenjar getah bening, gangguan ginjal, atau gejala sistem saraf seperti sakit kepala, kejang, atau kelemahan anggota tubuh.

Diagnosis Tuberkulosis:

Untuk mendiagnosis tuberkulosis, beberapa tes dan prosedur dapat dilakukan, termasuk:

Kategori :