Ini Sebab Dan Cara Mengobati Biduran, Jangan Sepelekan!

Senin 26-06-2023,22:32 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

DISWAYJATENG.ID - Biduran adalah reaksi pada kulit yang ditandai dengan bentol-bentol, ruam merah dan terasa gatal seperti gigitan nyamuk namun dalam jumlah banyak. Gejala biduran ini bisa muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah, telinga, leher, punggung dan lainnya.

 

Cara mengatasi biduran biasanya dilakukan tanpa pengobatan khusus. Namun, penanganan oleh dokter akan dibutuhkan apabila biduran tak kunjung membaik selama beberapa hari. 

Anda mungkin sudah pernah mengalami gangguan kulit berikut, tapi tahukah Anda apa penyebab biduran sebenarnya? Apakah karena alergi? Mari temukan jawabannya di sini.

Apa itu Biduran?

Urtikaria atau biasa dikenal sebagai biduran adalah reaksi alergi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentol-bentol berwarna merah. Penderita biduran akan merasa gatal pada area yang muncul bentol-bentol tersebut. Biduran ini berawal dari munculnya bentol pada satu bagian tubuh, kemudian dapat menyebar dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi.

BACA JUGA: 

Jangan Disepelekan! Ini Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Pertanda Apa?  

Berdasarkan lamanya kondisi tersebut berlangsung, biduran dibedakan menjadi dua jenis yaitu biduran akut dan biduran kronis. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Biduran Akut

Biduran akut biasanya berlangsung selama kurang dari 6 minggu. Jenis biduran ini merupakan yang paling umum terjadi. Biasanya, biduran akut dialami oleh anak-anak dan wanita pada rentang usia 30-60 tahun serta pasien yang memiliki alergi tertentu.

2. Biduran Kronis

Biduran kronis merupakan jenis biduran yang dapat berlangsung selama lebih dari 6 minggu dan bersifat kambuhan. Biduran kronis biasanya menjadi tanda atau gejala dari kondisi medis lain, seperti penyakit lupus.

3. Penyebab Biduran

 Secara umum, penyebab biduran adalah tingginya histamin yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh. Histamin tersebut dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh dan membuat pembuluh darah melebar. 

 

Tags : #ruamkulit #kesehatan #gatalkulit #biduran
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini