10 Daerah Penghasil Orang Kaya di Jawa Tengah, Kota Semarang Jadi Paling Kaya!

Sabtu 24-06-2023,12:04 WIB
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Perlu diketahui, terdapat daerah yang disebut sebagai penghasil orang kaya yang berada di daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Hal ini lantaran daerah penghasil orang kaya di Jateng ini memiliki upah minimum kabupaten atau kota (UMK) yang relatif tinggi.

Maka tidak heran apabila kabupaten atau kota dengan UMK tertinggi ini disebut sebagai daerah penghasil orang kaya di Jateng. Setidaknya, warga Jateng wajib mengetahui daerah penghasil orang kaya ini sebagai referensi.

Dilansir dari laman bps.go.id, yuk intip 10 daerah penghasil orang kaya di Jawa Tengah.

1.Kota Semarang

Tak disangka, Kota Semarang diakui sebagai daerah penghasil orang kaya nomor 1 di Jateng. Pasalnya, UMK rata-rata di Kota Brebes sangat tinggi dibandingkan daerah lainnya.

Tepatnya, para warga di Kota Semarang memiliki upah minimal sebanyak Rp3,060 juta per bulan.

2. Kabupaten Demak

Ternyata, Kabupaten Demak menempati urutan nomor 2 sebagai daerah penghasil orang kaya di Jateng. Hal ini terbukti dari UMK rata-rata warga di Kabupaten Cilacap yang terbilang tinggi.

Diketahui, para penduduk di Kabupaten Cilacap mempunyai upah minimal sejumlah Rp2,680 juta per bulan.

3. Kabupaten Kendal

Selanjutnya, ada Kabupaten Kendal yang menduduki urutan nomor 3 sebagai daerah penghasil orang kaya di Jateng. Hal tersebut karena UMK rata-rata di Kabupaten Banyumas cenderung tinggi.

Setidaknya, para warga di Kabupaten Banyumas memiliki upah minimal sebanyak Rp2,508 juta per bulan.

4. Kabupaten Semarang

Tercatat, Kabupaten Semarang menjadi salah satu daerah penghasil orang kaya di urutan nomor 4. Hal itu terlihat dari UMK rata-rata di Kota Semarang yang relatif banyak.

Kini, UMK Kota Semarang mencapai angka Rp2,480 juta

5. Kabupaten Kudus

Selanjutnya, ada Kabupaten Kudus yang menduduki urutan nomor 5 sebagai daerah penghasil orang kaya di Jawa Tengah. Hal tersebut karena UMK rata-rata di Kabupaten Banyumas cenderung tinggi.

Setidaknya, para warga di Kabupaten Banyumas memiliki upah minimal sebanyak Rp2,439 juta per bulan.

BACA JUGA:Ingin Menenangkan Diri? 5 Air Terjun di Pacitan Ini Cocok Buat Kamu Kunjungi!

6. Kabupaten Cilacap

Diketahui, Kabupaten Cilacap termasuk sebagai urutan nomor 5 sebagai daerah penghasil orang kaya di Jateng. Hal ini diketahui dari UMK rata-rata di Kabupaten Tegal yang relatif tinggi.

Tepatnya, kini UMK Kabupaten Tegal mencapai Rp2,383 juta per bulan.

7. Kota Pekalongan

Selanjutnya ada kota dengan julukan kota batik yaitu Pekalongan. Kota Pekalongan masuk pada urutan ke 6 sebagai daerah penghasil orang kaya di Jawa Tengah.

Hal ini diketahui dari UMK rata-rata di Kabupaten Pekalongan yang relatif tinggi. Tepatnya, kini UMK Kabupaten Tegal mencapai Rp2,383 juta per bulan.

8. Kota Salatiga

Kota Salatiga masuk dalam 10 besar dengan UMK tertinggi di Jawa Tengah. Hal ini diketahui dari UMK rata-rata di Kabupaten Pekalongan yang relatif tinggi.

Tepatnya, kini UMK Kabupaten Tegal mencapai Rp2,284 juta per bulan.

9. Kabupaten Batang

Tercatat, Kabupaten Batang menjadi salah satu daerah penghasil orang kaya di urutan nomor 4. Hal ini diketahui dari UMK rata-rata di Kabupaten Pekalongan yang relatif tinggi.

Tepatnya, kini UMK Kabupaten Tegal mencapai Rp2,282 juta per bulan.

10. Kabupaten Jepara

Terakhir, Kabupaten Jepara menjadi salah satu daerah penghasil orang kaya di urutan nomor 10 Hal ini diketahui dari UMK rata-rata di Kabupaten Pekalongan yang relatif tinggi.

Tepatnya, kini UMK Kabupaten Tegal mencapai Rp2,272 juta per bulan.

Adapun UMK terendah di Jawa Tengah adalah Kabupaten Banjarnegara, yakni Rp1,96 juta. Setelahnya ada UMK Kabupaten Wonogiri Rp1,97 juta dan Kabupaten Sragen Rp1,97 juta.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait