Ini Dia 5 Tempat yang Bisa Kalian Kunjungi untuk Menikmati Gudeg Jogja

Sabtu 24-06-2023,09:20 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –  Gudeg adalah makanan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Jogja, bahkan gudeg juga sudah terkenal bagi masyarakat Indonesia. Bagi kalian yang ingin mencoba menikmati gudeg sangat cocok jika kalian berkunjung pada Daerah Jogja.

Kali ini kita akan membahas 5 tempat bagi kalian yang ingin menikmati makanan gudeg, antara lain sebagai berikut:

1.   Gudeg Bu Tjitro 1925

Bagi para  pengunjung yang ingin menggunakan Gudeg sebagai buah tangan untuk teman dan keluarga di kota asal . B iasanya kalian akan membawa makanan ini dalam besek maupun kendil.

Akan tetapi kini telah hadir sajian gudeg yang lebih praktis dan modern. Gudeg Bu Tjitro 1925 menghadirkan sajian gudeg yang sangat modern dengan bentuk makanan kaleng.

Mengenai rasanya tak perlu diragukan lagi karena g udeg Bu Tjitro merupakan salah satu pioner tempat makan gudeg Jogja . Lokasi di Jalan Janti No. 330, Depan JEC ( Jogja Expo Center), Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
pada tempat ini gudeg h arga nya m ulai dari Rp26.000 perkaleng nya.

 

2.   Gudeg Mbah Lindu

Kebanyakan bagi para penjual gudeg terkenal di J ogya sudah mewariskan resepnya ke generasi berikutny a, n amun berbeda dengan Mbah Lindu. Kedai ini sudah berjualan sejak zaman penjajahan Jepang dan kini memiliki ketenarannya sendiri. 

Bahkan sang penjual yakni Mbah Lindu yang nyaris berusia satu abad masih setia memberikan layanan terbaiknya secara langsung kepada pelanggannya. Di sisi lain Mbah lindu juga dikenal akan keramahannya .

B eliau akan dengan senang hati bercerita tentang perjalanan berjualannya termasuk bertransaksi dengan mata uang benggol dan sen. Dengan kondisi itu, t id ak heran jika tempat yang satu ini sangat kental akan suasana khas Jogja-nya.

Bahkan siapa sangka jika rasa gudeg yang dihadirkan oleh Mbah Lindu ternyata masih sama dengan era penjajahan dulu. Namun saat ini Mbah Lindu sudah meninggal pada tanggal 12 Juli tahun 2020 lalu, dan sekarang diteruskan oleh generasi penerusnya.

Tempat ini berl okasi pada  J alan Sosrowijayan Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta . Dan h arga nya m ulai dari Rp15.000 pe r porsi .

 

3.  Gudeg Manggar Bu Jumilan

Bi asanya g udeg Jogja berbahan dasar nangka muda akan tetapi ti dak demikian dengan g udeg m anggar yang berasal dari D aerah Bantul. Bahan yang digunakan adalah bunga muda pohon kelapa yang menjadikan tekstur gudeg menjadi lebih padat. 

Walaupun rasa khas gudeg yang manis dan areh yang gurih serta sambal krecek yang pedas tetap dipertahankan. Tempat ini berl okasi pada Jalan Srandakan Km 8, Mangiran, Trimurti, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta .
Harga nya juga m ulai dari Rp8.000 perporsi nya.

 

4.   Gudeg Ceker Seturan SR (Mbak Indras)

Potongan paha bawah atau dada ayam kampung memang aspek yang biasa dijumpai pada masakan Gudeg Jogja. Akan tetapi tidak salahnya jika menggantinya dengan bagian ceker ayam yang tentunya akan memberikan cita rasa yang berbeda.

Kemudian ceker ayamnya pun sangat lembut dan mudah kita makan. Tempat ini berl okasi pada  J alan Affandi No.30, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta .
Harga yang tersedia pada tempat ini m ulai dari Rp8.000 perporsi gudeg ceker nya.

 

5.   Gudeg Mercon Bu Tinah

Tidak ada salahnya kalian mengunjungi dan merasakan sensasi makan di g udeg m ercon Bu Tinah yang akan membuat menangis dan keringetan. Bahkan tidak jarang pula artis ibukota datang dan mencicipi pedasnya kuliner yang satu ini.

Lokasi tempat ini berada di  J alan Asem Gede 8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta . Tempat inu mulai beroprasi 21.30-01.00 WIB dan h arga nya m ulai dari Rp16.000 perporsi .

BACA JUGA:4 Tempat Yang Bisa Kalian Kunjungi Untuk Memakan Gudeg Jogja

Demikian pembahasan kita mengenai 5 tempat yang bisa kalian kunjungi ketika ingin menikmati gudeg, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :