Harga Daging Ayam Kembali Meroket, Pedagang Sate Ayam di Kota Tegal Kelimpungan

Jumat 23-06-2023,16:52 WIB
Reporter : Agus Wibowo
Editor : M Sekhun

TEGAL, DISWAY JATENG - Meski Sempat turun, harga daging ayam kembali meroket. Bahkan saat ini dijual dengan harga Rp 42.000 per kg. Harga yang kembali meroket, hal ini membuat pedagang Sate ayam kelimpungan. 

 

Hal ini seperti dikatakan Sukron, pedagang Sate ayam asal Madura yang tinggal di Tegalsari. 

 

“Iya betul harga daging ayam kembali naik. Namun demikian saya tidak berani menaikan dagangan. Karena pelanggan bisa kabur," kata Sukron ditemui di Komplek Nirmala Square Jalan Yos Sudarso Tegal Kamis  22 Juni 2023 malam. 

 

Menurutnya, pihaknya hanya bisa melakukan siasat dengan cara mengurangi porsi daging. Sebab di dalam Sate tusuk, terdiri dari daging, kulit dan gajih. 

 

"Tadi pagi (kemarin-red) saya belanja ayam per kilogram nya kembali naik menjadi Rp 42.000. Harga ini naik Rp 6000 karena sebelumnya harga ayam sempat di kisaran Rp 36.000 per kynya, " kata pria berusia 26 tahun. 

 

Sukron mengaku untung saja pelanggannya banyak yang pesan Sate dengan lontong. Sehingga ada keuntungan bisa diambil dari penyediaan lontong. 

 

"Sebab, jika ada pelanggan membeli Sate lontong Rp 10.000 juga tetap dilayani. Pelanggan mendapatkan 6 tusuk sate, dan irisan lontong, " ungkapnya. 

 

Kendati demikian, sejak harga ayam kembali meroket, belanja daging ayam pun kini dikurangi. Dari 6-8 kg per harinya, kini hanya 2-3 kg ayam saja. 

Kategori :