Gak Perlu Takut Makan Olahan Daging Kambing, Ini Lho Manfaatnya Bagi Kesehatan

Minggu 18-06-2023,18:10 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

(DISWAYJATENG) - Tidak perlu takut konsumsi daging kambing. Daging kambing  merupakan sajian yang sangat popular se antero nusantara. Ada begitu banyak olahan daging kambing mulai dari sate, tongseng hingga gulai kambing. Meski digadang-gadang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, rupanya mengkonsumsi daging kambing dapat memberikan banyak manfaat. Tentunya jika tidak terlalu berlebihan ya.

Berdasarkan NutritionData.com, dalam 100 gram daging kambing memiliki beberapa nutrisi yang cukup tinggi:

1.        Kalori, 234 kalori dari lemak 100

2.        Lemak, 11 gram (17 % dari kebutuhan harian)

3.        Lemak jenuh 5 gram (26%)

4.        Kolesterol 109 miligram (36% kebutuhan harian)

5.        Sodium 135 miligram (6%)

Nah, penasaran dengan berbagai manfaat daging kambing yang data kita peroleh tersebut ? Melansir dari berbagai sumber, berikut deretan manfaat mengkonsumsi daging kambing.

1.     Meningkatkan Massa Otot

Manfaat mengkonsumsi dgaing kambing yang penting untuk anda ketahui yakni sebagai salah satu asupan makanan untuk menambah massa otot. Hal ini karena daging kambing secara lebih banyak mengandung protein berkualitas.

Protein yang tinggi dalam daging kambing cukup tepat untuk anda konsumsi. Sebab, asam amino tidak disertai banyak kalori saat menjadi konsumsi tubuh.

2.     Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Tahukah anda bahwa mengonsumsi daging kambing mampu mencegah risiko penyakit kanker. Hal ini diperoleh dengan mudah karenadaging kambing memiliki kandungan tinggi vitamin B12, selenium, kolin dan sebagainya.

Berbagai kandungan tersebut sangat membantu tubuh untuk melawan berbagai pemicu risiko kanker. Selain itu, vitamin B12 juga tepat untuk mencegah stress berlebihan, depresi hingga gangguan kecermatan.

3.     Meningkatkan Pembakaran Lemak

Manfaat mengonsumsi dgaing kambing berikutnya yakni mampu meningkatka proses pembakaran lemak. Lemak secara tidak langsung kemudian berubah menjadi energy dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B yang banyak terdapat dalam daging kambing.

Maka dari itu, asupan daging kambing rasanya tepat pula untuk mendapatkan berat badan secara ideal.

4.     Baik Untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi dagaing kambing juga rupanya baik bagi kesehatan jantung. Pada dasarnya, dagingkambing justru memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah daripada jenis daging lainnya. Bahkan, mengonsumsi daging kambing secara rutin cukup baik dilakukan. Konsumsi daging kambing sebanyak dua kali dalam satu bulan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5.     Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daging kambing yang berikutnya yakni sebagai asupan yang mampu meningkatkan system imun tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi yang berperan aktif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat besi tersebut yang nantinya akan melawan berbagai bakteri, kuman hingga virus.

6.   Mencegah Anemia

Daging kambing adalah salah satu daging yang termasuk dalam kelas daging merah. Seperti yang kita ketahui daging merah sangat penting untuk anda konsumsi saat anda mengalami anemia.

7.   Sumber Antioksidan

Daging ini merupakan salah satu sumber selenium yang cukup besar. Total ada 38,0 mcg atau 54% kebutuhan harian. Manfaat antioksidan sendiri adalah salah satu sumber antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

8.   Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu yang menjadi sumber gizi daging kambing untuk kesehatan mata adalah kandungan riboflavin. Dalam 100 gram daging adalah 0,03 mg atau 18 % dari kebutuhan harian.

BACA JUGA:Tempe Mendoan Gak Berminyak, Tambahkan Satu Bahan Ini Dijamin!

Itu mengapa mengonsumsi daging kambing dalam porsi yang cukup akan membuat anda terhindar berbagai penyakit. (*)

Kategori :