Gak Perlu Putus Asa Lihat Kamar Mandi Berkerak, Pakai Cara Ini Dijamin Kinclong

Minggu 18-06-2023,18:01 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Membersihkan keramik kamar mandi berkerak adalah hal yang paling menyusahkan bagi sebagian orang. Hal ini karena umumnya noda membandel pada keramik kamar mandi sangat sulit untuk kita hilangkan. Apalagi jika noda tersebut sudah bertahun-tahun lamanya.

Namun, anda kini bisa menggunakan sitrun untuk membersihkan keramik kamar mandi tersebut. Yuk kita simak bagaimana cara bersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun pada penjelasan kali ini.

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Melansir dari 101 Daily Life Hack : Panduan Ketrampilan Praktis Anda karya Dayu Pratyahara (2019:114).

1.        Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Adapun peralatan yang anda perlukan membersihkan dengan sitrun   antara lain sitrun, deterjen pakaian, sabun kamar mandi, air, spons dan sikat.

2.        Gosok Keramik Kamar mandi secara perlahan

Selanjutnya andaa bisa langsung menggosok keramik pad bagian dinding dan lantai dengan sabun khusus dan sikat. Jika ingin hasil yang maksimal, maka bisa menggunakan batu apung.

3.        Basuh dengan air

Apabila sudah anda sikat sampai bersih, anda bisa langsung basuh bagian yang telah kita sikat dengan air bersih. Jangan sampai ada sabun yang menempel ya.

4.        Semprotkan Keramik sengan Sitrun

Sebelum menaburkan sitrun, anda harus melarutkannya dengan air hangat dan deterjen pakaian lalu aduk hingga tercampur rata. Supaya lebih mudah anda bisa memasukkan larutan sitrun tadi ke dalam botol semprotan.

Selanjutnya semprotkan bagian keramik kamar mandi yang masih dalam kondisi basah dengan sitrun. Setelah itu tunggu kurang lebih satu jam agar asam pada sitrun bisa mengikis kerak yang menempel.

5.        Gosok Keramik Kembali

Setalah satu jam, anda bisa kembali menggosok kermaik sampai bersih. Ini bertujuan untuk menghilangkan nod dan kerak membandel pada keramik kamar mandi.

6.        Bilas dengan Air Bersih

Terakhir, silahkan bilas semua sisi keramik kamar mandi dengan air bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi noda dan kerak yang menempe ya.

 

Selain cara tersebut, anda juga bisa menggunakan beberapa bahan lainnya antara lain:

1.        Baking Soda

Anda bisa membersihkan kamar mandi berkerak dengan baking soda. Anda cukup taburkan baking soda tepat pada permukaan yang berkerak. Lalu anda diamkan sekitar 15-30 menit.

Setelah meresap, gosok permukaan dengan sikat hingga kerak terangkat sempurna. Jika sudah selesai kemudian anda bilas dengan air hangat.

2.        Jeruk Nipis

Selain baking soda, anda juga bisa menggunakan jeruk nipis. Cukup tuangkan perasan jeruk nipis pada kran atau keramik yang berkerak tadi. Anda biarkan selama 10 – 15 menit. kemudian gosok dengan spons dan bilas menggunakan air hangat. Terakhir keringkan dengan menggunakan microfiber.

3.        Pasta Gigi

Cukup oleskan pasta gigi pada area yang berkerak, lalu gosok menggunakan sikat hingga bersih. Jika sudah, anda bisa semprotkan disinfektan agar tidak ada bakteri yang tersisa.

4.        Rendaman Cuka

Cuka merupakan pembersih kerak kamar mandi alami yang bisa anda manfaatkan. Jika kerak tumbuh pada atas kepala shower, anda bisa menuang cuka pada plastic yang agak besar dan ikatkan pada kepala shower. Pastikan ikatannya rapat, lalu biarkan selama 1 – 2 jam agar cuka meresap dan mengikis kotoran pada nozzle. Jika sudah anda bisa membersihkannya dengan lap bersih.

 BACA JUGA:Kaleng Bekas Bisa Anda Sulap Menjadi 10 Kerajinan Cantik, Gak Percaya?

Demikian tata cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun yang mudah anda ikuti, selamat mencoba. (*)

Kategori :