Kaleng Bekas Bisa Anda Sulap Menjadi 10 Kerajinan Cantik, Gak Percaya?

Minggu 18-06-2023,17:55 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG- Kaleng bekas biskuit sering kita biarkan begitu saja, padahal dapat kita manfaatkan agar berguna. Punya barang bekas bukan berarti membuat rumahmu berantakan. Kaerna ternyata ada banyak hal yang bisa Sobat lakukan dari semua barang-barang itu. Salah satunya adalah kaleng bekas biskuit yang bisa anda jadikan kerajinan unik sebagai penghias rumah anda.

Dengan selucu dan sekreatif mungkin sesuai selera, anda bisa ciptakan suasana nyaman tanpa keluar biaya.

1.        Menjadi Pot Tanaman

Jangan buang kaleng bekas biscuit anda, sobat bisa memanfaatkannya menjadi pot tanaman. Tinggal anda bersihkan lalu anda cat dengan warna kesukaan dan jangn lupa anda beri hiasan seperti pita.

2.        Menjadi Tempat sendok makan

Meski dapur berada pagda bagian belakang, jangan biarkan tampilannya selalu berantakan. Agar tampilan dapur jadi rapi dan enak untuk anda lihat. Anda bisa membuat kerajinan dari kaleng bekas tersebut yang kita lapisi dengan kain flannel supaya desainnya makin unik dan kreatif. Tinggal lilit dan lem jadi deh tempat sendok makan unik.

3.        Menjadi Tempat Pensil

Kaleng memang juaranya menjadi tempat serbaguna. Selain peralatan dapur, anda juga bisa manfaatkan kaleng bekas sebagai tempat meletakkan alat tulis dan alat gambar. Tanpa harus mengecat, anda bisa menghias dengan menmpeli kertas kado yang bermotif sesuai selera.

4.        Menjadi Tempat Kaos Kaki

Jika and termasuk orang yang ceroboh menaruh kaos kaki dan jadi sulit mencarinya sat mau pakai, coba deh simpan dalam kaleng bekas. Caranya gampang banget :

a.        Kumpulkan kaleng bekas lalu bersihkan

b.       Siapkan papan kayu sebagai alas kaleng saat anda tempelkan nanti.

c.        Rekatkan kaleng bekas pada papan kayu dengan lem yang kuat.

d.       Jika sudah pasang papan kayu yang telah anda tempeli dengan kaleng bekas pada tembok menggunakan paku.

e.       Lipat kaos kaki dan masukkan ke dalam kaleng bekas.

5.        Menjadi tempat lilin romantik

Jika anda punya kaleng bekas biscuit, jangan ragu untuk membuat kerajinan menarik agar dapat anda jadikan hiasan dinding. Dengan tambahan lilin akan mebuat kamr anda menjadi lebih syahdu .

6.        Kap Lampu

Anda hanya perlu mengecat ulang kaleng yang sesuai dengan tema rumah. Anda bisa dapatkan kap lampu yang unik sekaligus dekotasi yang menarik.

7.        Celengan

Pertama, siapkan terlebih dahulu kaleng susu bekas yang sudah anda bersihkan. Selanjutnya berikan lubang dengan ukuran agak lebih besar, tetapi jangan terlalu besar sesuaikan dengan ukuran uang. Apabila sudah, maka anda dapat menghiasi kaleng tersebut dengan menggunakan cat, kain flannel atau hiasan lainnya.

8.        Tempat Alat Jahit

Cara membuatnya cukup mudah, yakni hanya bersihkan tlbih dahulu kaleng bekas. Apabila sudah maka keringkan dan hias dengan menggunakan cat warna atau menggunakan kain agar tampilan lebih cantik.

9.        Tempat Bakar

Kerajinan selanjutnya adalah menjadi tempat bakar-bakar. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tempat pembakaran karena anda bisa membuatnya sendiri. Caranya, potong sisi yang ada pada kaleng bekas sebagian. Selanjutnya kasihkan kawat dan kaleng bekas bisa anda sulap menjadi tempat pembakaran.

10.    Tempat Sendok Garpu

Kerajinan dar kaleng bekas selanjutnya adalah menjadi tempat alat makan. Kaleng bekas ini ternyata bisa menjadi tempat sendok, garpu, kemudian pisau dan sumpit.

BACA JUGA:Bahaya Minum Kopi Berlebihan, Apa Saja? Ini Dia

Caranya membuatnya sama seperti anda membuat tempat pensil. Hanya dengan membersihkan dan memotong tutup atas kaleng bekas susu tersebut. (*)

Kategori :