Kabel Berserakan Bisa Ancam Keselamatan Pengguna, Begini Cara Merapikannya

Sabtu 17-06-2023,19:42 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Kabel berserakan dalam ruangan anda   menjadi pemandangan   yang kurang enak kita lihat. Ada yang melilit dengan kabel lainnya, juga potongan-potongan kabel kecil yang tak terpakai. Merapikan kabel bisa mempercantik tampilan ruangan sehingga tidk terkesan berserakan dan semrawut.

Banyaknya aktivitas yang bergantung dengan teknologi, memungkinkan setiap orang bisa memiliki tiga sampai empat gadget sekaligus. Masing-masing gadget dan alat elektronik membutuhkan alat pengisi daya  dengan kabel yang menghubungkannya ke sumber listrik.

Ketika semua kabel terpakai secara bersamaan seringkali menampilkan kesan ruwet yang kurang enak kita pandang. Terlebih lagi jika tidak anda rapikan kembali. Kabel yang berserakan dapat mengancam keselamatan penggunanya.

Merapikan kabel yang berantakan tidak sesulit menata ulang susunan pakaian dalam lemari. Tidak kurang dari setengah jam, kabel dapat tertata dengan rapi.

Mungkin anda bertanya-tanya apakah akan memakan waktu yang lama untuk merapikan kabel. Sangat bisa kita pahami kekhawatiran ini. Untuk mengatasi ini, kami memberikan tips sebagai berikut :

1.        Kumpulkan Semua Kabel

Sebelum mulai menata susunan kabel, cabut semua kabel pengisi daya yang semula terhubung ke stop kontak. Akan berbahaya tentunya jika anda merapikan kabel sementara kabel masih terhubung dengan aliran listrik. Selain kabel untuk perangkat elektronik, kabel-kabel lainnya bisa anda simpan dalam satu wadah atau keranjang. Tempatkan wadah tersebut pada area terbuka yang mudah anda jangkau dan dekat dengan stop kontak.

2.        Kelompokan Kabel

Setelah anda kumpulkan dalam satu wadah, kelompokan kabel dari gawai berdasarkan jenis dan intensitas penggunannya. Kabel pengisi daya smartphone sebaiknya anda pisahkan dengan kabel pengisi daya laptop. Karena seringkali penggunaan kabel tertukar dengan milik anggota keluarga yang lain.

3.        Menggunakan Aksesori Kabel

Agar tampilan kabel lebih rapi dan tertata, anda bisa menggunakan aksesori kabel bantuan untuk mentanya. Ada beberapa aksesori kabel yang bisa anda gunakan, yaitu klem kabel, kabel ties dan kabel trunking.

Klem kabel atau paku penjepit bisa anda gunakan untuk menempelkan kabel pada dinding rumah sehingga tidak terlihat berantakan.

4.        Menjadikan Kabel sebagai Bagian dari Dekorasi

Jika anda adalah orang yang berjiwa seni tinggi, maka kabel yang terlihat semrawut bisa anda manfaatkan sebagai dekorasi rumah. Dengan bantuan aksesori kabel, anda bisa merapikan dengan menatanya sedemikian rupa hingga bisa menyaut dengan dekorasi ruangan.

Pikirkan dulu bentuk desain yang anda inginkan. Setelah itu, mulailah menata kabel mengikuti desain. Gunakan penjepit kabel untuk menempelkan pada dinding. Ada banyak   variasi penjepit kabel yang toko tawarkan, mulai dari warna yang beragam hingga bentuknya yang bermacam-macam.  Kemudian bisa juga anda tambahkan stiker atau pernak-pernik lain untuk menunjang tampilan kabel.

5.        Buatlah Kotak Penyimpanan Khusus kabel

Untuk kabel listrik piranti gadget, misalnya charger smartphone dan laptop, anda bisa gunakan kotak khusus penyimpanan utuk merapikannya. Tidak perlu membeli kotak mahal-mahal , anda bisa membuatnya sendiri dengan peralatan yang ada.

Jika ada kotak kayu yang tak terpakai, anda bisa mengecat ulang serta beri sekat pada bagian dalamnya untuk menempatkan kabel-kabel yang berbeda.

BACA JUGA:Nasi Pecel Madiun, Gak Perlu Ke Jawa Timur Untuk Menyantapnya! Ini Resepnya

Letakkan kotak penyimpanan ini dengan stop kontak, sehingga mudah saat akan dipakai atau dilepas. Gunakan kabel ties untuk mengikat setiap kabel gadget, kemudian letakkan dalam kotak. Supaya lebih mudah membedakan fungsi kabel, berilah label nama pada kotak penyimpanan.(*)

 

 

Kategori :