Ini Dia 5 Manfaat Sayur Turnip Untuk Kesehatan

Jumat 16-06-2023,21:23 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –   Turnip merupakan sayur sejenis lobak yang memiliki nama ilmiah   Brassica rapa tetapi kita sering menyebutnya Turnip . Sayuran ini merupakan salah satu sayuran tertua yang sudah banyak kita budidayakan.

Sayuran ini berwarna putih keunguan dan memiliki rasa yang tajam dan n utrisinya sangat melimpah sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Pada s eluruh bagian dari sayur ini bahkan termasuk bagian akar dan daunnya juga aman dan baik untuk kita konsumsi.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Buah Kelapa Terutama Airnya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat sayur tunik untuk kesehatan, antaranya adalah.

 

1. Dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Kandungan k adar   kalium atau potasium serta serat yang tinggi pada dapat bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bagi k alium mungkin dapat membantu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri karena dapat menurunkan tekanan darah.

Sayur ini juga bisa membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, serangan jantung, serta strok. Sementara itu kandungan seratnya juga baik untuk mengurangi kadar  kolesterol  yang berlebihan pada jantung .

 

2. Dapat meningkatkan pencernaan dan meringankan masalah usus

Ketika kita m engonsumsi turnip secara teratur akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita . K arena kandungan dalam turnip  kaya akan serat, sehingga bisa baik untuk mengurangi berbagai risiko penyakit divertikular dan penyakit pencernaan lainnya.

M akanan tinggi serat seperti turnip dapat meningkatkan populasi bakteri  probiotik  usus dapat membantu mengurangi peradangan serta kelancaran buang air bes r . Maka dari itu menk onsumsi sayur ini bisa meningkatkan kesehatan usus dan meringankan kondisi perut kembung dan sembelit .

 

3. Dapat memiliki efek perlindungan terhadap hati dan ginjal

Kandungan e kstrak etanol dalam akar turnip  dan ekstrak air pada turnip  dapat melindungi hati dari toksisitas. Menurut Stylecraze efek ini ter buktik melalui berbagai studi pada tikus yang menunjukkan bahwa  turnip dapat melindungi hati dari cedera hati .

Serta melindungi fibrogenesis atau pembentukan jaringan parut dalam hati juga  dapat memiliki efek perlindungan terhadap cedera ginjal pada tikus .

 

4. Dapat membantu mengontrol kadar gula darah

Dari b eberapa penelitian terhadap tikus telah menunjukkan bahwa turnip  mungkin memiliki efek antidiabetes dan dapat membantu mengontrol kadar  gula darah. Dalam penelitian yang terjadi selama 28 hari pada tikus tersebut, dosis harian sebanyak 200 sampai 400 mg .

E kstrak daun turnip  per kg berat tikus dapat menurunkan kadar gula darah tikus secara signifikan . Bahkan menunjukkan kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

Mengutip Healthline yang berdasarkan penelitian-penelitian terhadap tikus tersebut, efek antidiabetes pada turnip mungkin penyebabya ada beberapa faktor . Yaitu p eningkatan pembersihan gula darah , p enurunan produksi glukosa oleh hati , dan p enyerapan karbohidrat yang berkurang

Akan tetapi, penelitian terhadap manusia perlu dilakukan untuk memastikan dengan jelas efek antidiabetes ini pada manusia.

 

5. Dapat mengurangi risiko kanker

K etika kita menk onsumsi turnip dapat terkait dengan risiko   kanker  yang lebih rendah karena b eberapa senyawa pada dalamnya mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker . Yaitu seperti senyawa  3,3′-diindolylmethane.

Menurut sebuah studi dalam jurnal  Nutrition Reviews 2016 bahwa senyawa tersebut dapat memiliki efek pencegahan terhadap kanker payudara. Senyawa sulforafan dalam  turnip juga bisa berperan dalam pengobatan kanker.

S tudi jurnal  Antioxidants & Redox Signaling  2 015 menyatakan senyawa sulforafan dapat mengganggu fungsi enzim yang berkontribusi terhadap berkembangnya sel kanker.

Bahkan t idak hanya itu kandungan glukosinolat dan isotiosianat dalam  turnip juga memiliki sifat antikanker.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat sayur turnip untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :