Ini Dia Berbagai Manfaat Ketika Kita Melakukan Bekam Untuk Kesehatan

Jumat 16-06-2023,18:36 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –   Bekam sendiri dapat kita percaya meningkatkan aliran darah pada seluruh tubuh secara natural bahkan mengambil darah yang kotor dengan cara bekam. Bekam juga banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Antaranya sebagai obat nyeri otot, tekanan darah tinggi, kelainan darah seperti anemia, masalah kesuburan dan gangguan kandungan. Bukan hanya itu saja akan tetapi bekam juga bisa mengatasi masalah pada kulit seperti jerawat, dan penyakit rematik.

Ketika kita melakukan bekam akan ada efeknya seperti kulit terasa seperti terbakar, muncul rasa tidak nyaman atau sakit pada area kulit. Akan tetapi dampak efeknya tidak terlalu lama sehingga tidak perlu kwatir ketika akan melakukan bekam.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Buah Kelapa Terutama Airnya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Biasannya ketika kita melakukan bekam waktunya adalah 15 – 20 menit sampai darah menggumpal atau darah tidak mengalir lagi. Sebagian orang juga memilih pengobatan alternatif seperti bekam karena memiliki sedikit efek samping dan berharga terjangkau.

Metode bekam sendiri berasal dari Mesir, Tiongkok dan Timur Tengah, sebagai pengobatan yang ampuh mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat ketika kita melakukan bekam, anta lain.

 

1. Mengurangi stres hingga mencegah depresi

Banyak hal terjadi pada dunia ini yang membuat kita mudah stres, misalnya saja keharusan untuk belajar dan beban sekolah . Bahkan masalah ketika kita be kerja dan permasalahan keluarga yang mungkin kerap kita alami .

Bekam sendiri bisa kita katakan sebagai metode relaksasi yang membuat badan kita terasa ringan dan nyaman .

 

2. Sensasinya yang seperti pijat lembut membuat tubuh yang lelah kembali pulih

Saat pertama kali kita melakukan bekam kalian akan merasa badan nya seperti ketika kita pijat dengan lembut. Titik-titik bekam untuk membuatmu relaks berada pada area punggung dan leher.

Khasiatnya sendiri untuk menyembuhkan nyeri otot, nyeri punggung, dan leher yang kaku yang kita alami.

 

3. Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Tidak hanya nutrisi akan tetapi racun juga banyak kita serap oleh tubuh kita setiap harinya. Hal i tu karena manusia setiap hari mengonsumsi makanan, minuman, bahkan menghirup udara yang bisa jadi telah terkontaminasi.

Banyaknya racun yang kita serap dalam darah dapat ter lihat dari warna darah yang keluar dari hasil bekam. Jika s emakin pekat warnanya semakin banyak pula racun yang keluark oleh dalam tubuh.

 

4. Menyembuhkan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menyebabkan komplikasi berbagai penyakit antaranya seperti penyakit jantung, ginjal dan diabetes. Untuk menanganinya kalian bisa melakukan bekam pada titik-titik khusu sepert i bahu, kepala dan badan.

 

5. Menurunkan berat badan dengan cara menyedot jaringan lemak dari pori-pori tubuh

Bahkan t idak cuma darah yang bisa kita normalkan dengan bekam, jaringan lemak juga bisa ter sedot dari pori-pori tubuh lewat bekam. Adapun target pembekaman adalah titik-titik yang banyak jaringan lemaknya.

Cara ini sangat efektif karena bekam sendiri membuat metabolisme tubuh menjadi lebih membaik. Mesk begitu juga perlu kalian iringi dengan latihan dan olahraga agar hasilnya maksimal.

 

6. Menyembuhkan sakit kepala ringan dan sakit kepala sebelah

Bagi kalian  yang sering kena sakit kepala dan migrain tidak ada salahnya mencoba dengan cara bekam. Adapun titik-titik terbaik untuk menyembuhkan keluhan ini adalah pada bagian leher dan kepala.

Bahkan kalian juga perlu rela sedikit bagian rambut nya ter cukur agar bisa bekam.

 

7. Membuat pernafasan makin sehat

Jika kalian mengalami m asalah dan penyakit pernapasan, seperti asma  bisa kita tangani dengan metode bekam. Caranya dengan membekam titik-titik yang terhubung dengan paru-par u dan kalian perlu bekam secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat ketika kita melakukan bekam, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :