Penting Bagi Calon Ibu, Wajib Tahu Tanda-Tanda Kehamilan Ini

Jumat 16-06-2023,13:46 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG  - Kadang kaum wanita tidak menyadari jika dirinya memasuki masa kehamilan, karena mereka tidak mengenali tanda-tanda kehamilan. Hal ini sering terjadi terutama bagi yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Pasalnya, beberapa tanda-tanda kehamilan mirip dengan tanda-tanda menstruasi. Seperti kram perut, mood swing atatu nyeri payudara.

Untuk bisa membedakannya, kaum wanita harus mengetahui perbedaannya.

Tanda-Tanda Hamil

Selain dapat anda ketahui dari test pack, tanda-tanda kehamilan juga dapat anda perhatikan dari perubahan fisik hingga suasana hati.

1.        Terlambat Menstruasi

Tanda kehamilan yang paling umum adalah terlambatnya siklus menstruasi. Ketika terdapat janin dalam Rahim, tubuh akan memproduksi hormon HCG untuk menjaga kehamilan. Hormon tersebut juga berfungsi menghentikan menstruasi setiap bulannya.

Menstruasi ini umumnya akan berhenti pada empat minggu setelah terjadinya pembuahan. Perlu anda ketahui, terlambat menstruasi juga bisa karena faktor hormonal.

2.        Muncul Flek Darah dan Kram Perut

Jika keluar flek darah beberapa hari setelah terjadinya pembuahan, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda-tanda hamil. Karena sel telur yang terbuahi akan berkembang menjadi janin dan menempel pada Rahim. Proses penempelan tersebut dapat merusak beberapa pembuluh darah pada Rahim, hingga menyebabkan flek.

Tanda ini biasanya muncul dalam 6-12 hari setelah pembuahan. Flek tersebut umumnya berwarna merah muda, coklat atau menyerupai darah menstruasi namun dengan volume lebih sedikit.

Selain dari pendarahan ringan, biasanya juga terjadi kram perut. Kram ini umumnya tidak terlalu sakit, sehingga banyak yang menyamakannya dengan kram menjelang menstruasi.

3.        Perubahan Payudara

Tidak hanya menandakan kehamilan, perubahan payudara pada wanita juga bisa terjadi menjelang menstruasi. Akan tetapi perubahan payudara pad ibu hamil akan terasa lebih kencang, nyeri, senditif dan terasa tidak nyaman. Selain itu juga punting payudara akan cenderung memerah, menonjol dan arcola menjadi lebih gelap. Perubahan ini karena peningkatan jumlah hormone progesterone dan estrogen. Hormon kehamilan juga akan meningkatkan alirah darah pada area putting untuk mempersiapkan ASI. Sehingga biasanya terlihat garis-garis urat pada sekitar putting susu.

4.        Mood Swing

Mood swing atau perubahan suasana hati adalah salah satu tanda-tanda hamil yang jarang anda ketahui. Perubahan hormon ini akan membuat ibu yang sedang hamil muda rentan marah karena suasana hatinya tidak stabil dan mudah berubah.

5.        Mual dan Kelelahan

Tanda- tanda hamil yang berikutnya adalah mual atau morning sickness. Mual ini biasanya muncul dengan muntah ataupun tidak. Meski sering terjadi pada pagi hari, tak menutup kemungkinan mual juga terjadi pada sore atau malam hari.   Tanda kehamilan ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Selama mual, ibu hamil biasanya juga menjadi lebih cepat lelah. Hal ini karena peningkatan hormon progesterone yang  yang dapat memicu rasa kantuk dan kelelahan meski tidak melakukan aktivitas.

6.        Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil juga menjadi salah satu tanda kehamilan yang jarang anda sadari. Gejala ini muncul pada 6 – 8 minggu setelah sel telur terbuahi. Sering buang air kecil ini karena tingginya hormon HCG. Hormon ini dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga produksi urine meningkat. Perubahan hormon ini juga dapat menyebabkan kandung kemih menjadi lebih sensitive sehingga sulit menahannya.

7.        Nyeri Kepala dan Punggung

Tanda kehamilan berikutnya yang jarang wanita sadari adalah nyeri kepala dan punggung. Nyeri kepala terjadi karena peningkatan aliran darah dan hormon secara tiba-tiba. Pada fase ini tubuh ibu hamil akan menampung tambahan darah sebanyak 50% saat mengandung.

BACA JUGA:Makanan Sehat Ibu Hamil, Apa Saja?

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan yang jarang wanita ketahui. Perhatikan juga hal-hal yang perlu anda hindari selama kehamilan. (*)

Kategori :