Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Berada di Sumatra yang Harus Kalian Rasakan!

Senin 12-06-2023,11:45 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –   Sumatra adalah pulau yang terkenal berkat alamnya yang asri serta b anyak tempat wisata yang ada pada Sumatra . Salah satunya adalah pada daerah Sibolga Sumatra Utara yang mempunyai banyak tempat destinasi wisata.

Kota yang satu ini memang namanya tidak setenar pada kota lainnya , n amun daerah Sibolga punya sederet pesona yang juga dapat memanjakan matamu. Terlebih banyak deretan pulau dengan pantai jernihnya yang indah yang men jamin bikin kalian kagum.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Musium yang Bernuansa Religi dan Sejarahnya!

Buat kalian yang mencari tempat untuk melepaskan kepenatan, kota ini cocok untuk kalian kunjungi. Be rikut ini beberapa tempat wisata terbaik pada daerah Sibolga yang bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya.

1. Pantai pandan

Pantai Pandan memiliki ciri khas berupa pasir putih yang halus untuk ber santai . Kalian bakal merasa nyaman walau tanpa menggunakan alas kaki. Tempat ini juga kalian bisa berenang dengan aman karena ombak yang pantai tidak terlalu besar.

Namu n kalau tidak ingin berenang kalian bisa duduk pada gazebo yang telah ter sedia sambil menikmati pemandangan. Untuk fasilitasnya  tergolong lengkap , jika kalian ingin bermalam pada sekitar pantai kalian bisa memilih beberapa hotel  dekat pantai ini .

 

2. Pulau Putri

Pulau ini luasnya hanya setengah hektare saja , n amun memiliki pemandangan pulau tetap terasa menawan dan eksotis. Pada tempat ini kalian bisa bermain p asir putih sepuasnya , s elain itu kalian juga bisa  snorkling untuk menikmati alam bawah lautnya.

Untuk akses ke Pulau Putri biasanya menggunakan kapal dari Pelabuhan daerah Sibolga. Biaya untuk meny ewa kapal dengan penumpang sebanyak 10 - 15 orang dengan perjalanan sekitar 2 jam dengan harga 2 juta perkapal nya.

 

3. Pulau Poncan Gadang

Lokasi selanjutnya yaitu p ulau Poncan Gadang , b erbeda dengan pulau Putri yang kecil, pulau ini tergolong sangat luas. tidak heran jika banyak tempat makan  yang men dirikan pada sekitarnya , s elain punya pemandangan pantai banyak kita temukan gua juga .

Dulu katanya goa tersebut untuk tentara Jepang gunakan bersembunyi dalam peperangan . Sedangkan h arga tiket masuk ke pulau ini saat weekday sebesar Rp10 ribu dan saat weekend pengunjung harus membayar Rp150 ribu.

 

4. Bukit Tangga Seratus

Tempat wisata selanjutnya adalah Bukit Tangga Seratus , t empat ini menawarkan suasana yang tak biasa. Pengunjung akan melewati ratusan anak tangga untuk mencapai puncak bukit.

Dalam perjalanan menaiki anak tangga, kalian akan menikmati pepohonan hijau pada samping kanan dan kiri yang masih asri. Setelah sampai pada atas bukit, kalian bakal menikmati pesona alam yang menakjubkan.

Saat berada pada puncak kalian  t id ak usah khawatir kehausan dan kelaparan, karena banyak pedagang yang ada .

 

5. Bukit Ketapang

Tempat ini t idak hanya menawarkan pesona bahari yang indah akan tetapi daerah  Sibolga mem punya Bukit Ketapang. Bukit ini menawarkan pemandangan dari ketinggian yang menawan untuk kalian nikmati .

Kalian  bisa melihat seluruh bagian Sibolga hingga Teluk Tapian Nauli dengan jelas pada bukit ini . Bukit Ketapang juga menawarkan wisata sejarah yang tak kalah menarik yakni berupa benteng pada masa penjajahan Jepang.

Ada pula sisa-sisa peninggalan seperti meriam yang masih terawat dengan baik pada tempat ini. Bukit Kepang ini cocok buat kalian yang suka mengabadikan foto , h arga tiket masuknya juga tergolong murah.

Hanya berkisar Rp10 ribu pada hari biasa dan Rp15 ribu pada akhir pekan , jika kalian ingin mengunjunginya jagalah kebersihan juga .

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 tempat wisata yang berada pada Daerah Sumatra, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :