Catat, Jenguk Tahanan di LP Kelas II/A Kendal Wajib Vaksin Booster

Jumat 15-07-2022,13:00 WIB
Reporter : Rochman Gunawan
Editor : Rochman Gunawan

KENDAL (DiswayJateng) -    Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/A Kendal mulai membuka   kunjungan tatap muka   bagi keluarga   narapidana. Pasalnya selama   pandemi   Covid-19, kunjungan ditiadakan dan diganti dengan   video call. Tapi dalam kunjungan itu, pihak lapas mensyaratkan pengujung   harus   sudah   vaksinasi booster dan    merupakan keluarga   yang   terdaftar dalam   data   di lapas.

 

Kepala Lapas Kelas   II/A Kendal, Samsul Hidayat mengatakan,   kunjungan   tatap muka dimulai hari ini   dengan   pembatasan. Bahkan    keluarga   warga   binaan   ketika akan   memberikan   makan atau   oleh-oleh pada   warga   binaan akan dilakukan pemeriksaan dan akan   diberi label nama.

"Setelah jam   besuk selesai maka akan diberikan pada   yang bersangkutan," katanya, Kamis (14/7).

 

Diungkapkan, sudah dua tahun   kunjungan   tatap muka   warga binaan ditiadakan karena   pandemi Covid-19. Kendati sudah dibuka, namun demikian   tidak semua   orang   bisa    menjenguk warga binaan   kalau tidak masuk dalam daftar yang   bisa mengunjungi. Syarat utama   adalah sudah   melakukan vaksin ketiga   atau vaksin booster, yang kedua keluarga   yang   bisa berkunjung dibatasi dua  orang dengan   ketentuan tatap muka   15   menit.

 

"Namun demikian    waktu kunjungan   bisa menyesuaikan jika   tidak banyak   bisa   sampai   30 menit. Seorang narapidana   hanya   bisa dikunjungi   seminggu sekali maksimal pengunjung   dua orang," terang Samsul.

 

Sejak resmi dibuka, setidaknya sudah ada   30 warga   binaan   yang   mendapat kunjungan dari keluarganya. Batas waktu pendaftaran   jam jenguk dari   jam   08.00   WIB hingga 11.30 WIB. Namun untuk   penjenguknya waktunya   menyesuaikan.

 

Salah satu   pengunjung, Yolanda yang membesuk   suaminya mengaku senang   sudah dua tahun   tidak   bisa tatap muka melainkan melalui   video call. Dengan   dibukanya    kunjungan tatap muka maka   bisa membuat senang dan lega   bisa ketemu suaminya. (lid)

Kategori :