Telkomsel Pulihkan 79,7 Persen Layanan di Sumatera, Sediakan Paket Siaga Peduli Gratis

Telkomsel Pulihkan 79,7 Persen Layanan di Sumatera, Sediakan Paket Siaga Peduli Gratis

Tim teknis Telkomsel terus bekerja 24 jam dengan mengerahkan berbagai skema pemulihan jaringan dan menyiapkan sejumlah langkah tambahan bersama berbagai pihak agar masyarakat di Sumatera dapat kembali bangkit.-Dok Telkomsel-Wahyu Sulistiyawan

MEDAN, Diswayjateng.comTelkomsel memastikan percepatan pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah terdampak bencana banjir dan longsor yang melanda Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Hingga 1 Desember 2025, 76,5 persen layanan seluler dan 79,7 persen layanan IndiHome Telkomsel telah kembali pulih.

Secara keseluruhan, 5.851 dari 7.640 site seluler telah berfungsi normal kembali, sementara 422.551 dari total 530.502 line IndiHome telah berhasil dipulihkan. Upaya ini dilakukan melalui langkah tanggap darurat yang terukur, masif, dan terintegrasi.

Pemulihan jaringan difokuskan pada area pengungsian, titik kritikal, pusat pemerintahan, dan wilayah terdampak paling parah. Sejumlah capaian pemulihan hingga 1 Desember 2025 adalah:

Aceh:

• 36 persen site Telkomsel pulih (708/1.964)

• 41,2 persen line IndiHome pulih (59.836/145.384)

Sumatera Utara:

• 90 persen site Telkomsel pulih (4.136/4.610)

• 93,3 persen line IndiHome pulih (293.911/314.957)

Sumatera Barat:

• 94 persen site Telkomsel pulih (1.007/1.066)

• 93,3 persen line IndiHome pulih (68.804/70.161)

Pemulihan dilakukan melalui mobilisasi 346 personel teknis, penempatan genset tambahan, pengalihan rute backbone, penggunaan perangkat alternatif, hingga penggelaran BTS mobile di lokasi prioritas.

Telkomsel juga berkoordinasi dengan Kemkomdigi, pemerintah daerah, aparat penanggulangan bencana, PLN, dan berbagai pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: