Hasil Pertandingan China vs Timnas Indonesia, Garuda Tumbang di Qingdao

Hasil Pertandingan China vs Timnas Indonesia, Garuda Tumbang di Qingdao

Hasil Pertandingan China vs Timnas Indonesia Skor 2-1: Garuda Tumbang di Qingdao-Tangkapan layar diswayjateng.id-

JATENG.DISWSY.ID - Hasil pertandingan China vs Timnas Indonesia pada matchday 4 Grup C ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia (WCQ) 2026 yang berlangsung pada Selasa (15/10/2024) berakhir dengan skor 2-1 yang dilansir dari Tirto.id. Gol yang dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-85 di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, tidak cukup untuk menyelamatkan Garuda dari kekalahan pertama mereka di Grup C.

Hasil pertandingan China vs Timnas Indonesia skor 2-1. Dalam pembaruan klasemen WCQ 2026 terbaru, Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 5 dengan mengumpulkan 3 poin, sama dengan yang diraih oleh China.

Situasi ini cukup mengkhawatirkan, mengingat dalam pertandingan lain, Australia berhasil meraih hasil imbang 1-1 melawan Jepang. Selain itu, Arab Saudi dan Bahrain dijadwalkan bertanding pada Rabu (16/10).

BACA JUGA:Suporter Timnas Indonesia Novi Irnawati Viral di Media Sosial, Mees Hilgers Sampai Follow Instagramnya

Dengan hasil pertandingan China vs Timnas Indonesia skor 2-1, kekalahan di Qingdao menjadi pukulan berat bagi Timnas Indonesia, karena ini merupakan kesempatan besar untuk meraih tiket otomatis ke Piala Dunia 2026. Sebelumnya, Garuda telah mencatatkan tiga hasil imbang berturut-turut melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Kekalahan ini menjadi kemunduran bagi Garuda. Di ronde 3 WCQ 2026, hanya juara dan runner-up grup yang berhak mendapatkan tiket otomatis ke Piala Dunia 2026, sementara peringkat 3 dan 4 akan melanjutkan ke ronde 4 untuk memperebutkan tiket playoff interkontinental. Tim yang berada di posisi 5 dan 6 akan langsung tersingkir.

Dalam laga antara China dan Timnas Indonesia, Garuda menerapkan formasi 5-4-1 yang dapat berubah menjadi 3-4-3. Calvin Verdonk, yang biasanya berposisi sebagai full back, kini ditempatkan sebagai bek tengah bersama Mees Hilgers dan Jay Idzes. Posisi sayap kanan diisi oleh kapten Asnawi Mangkualam, sedangkan di sisi kiri ada Shayne Pattynama.

Pada awal pertandingan, penguasaan bola antara Timnas Indonesia dan China cukup seimbang. Pertarungan lebih banyak terjadi di lini tengah. Garuda memiliki beberapa peluang, termasuk tandukan dari Jay Idzes pada menit ke-7 dan tembakan dari Ragnar Oratmangoen pada menit ke-11.

Ketika Garuda tampak menguasai permainan, China justru berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia. Berawal dari tendangan bebas yang tampak keluar dari lapangan, Shayne Pattynama mengira bola sudah aman. Namun, usaha keras Jian Shenglong membuat bola tetap hidup. Behram Abduweli kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat yang berhasil masuk ke gawang pada menit ke-21.

Pada menit ke-27, Calvin Verdonk melakukan kesalahan dalam sapuan. Bola justru jatuh ke kaki Xie Wenneg yang langsung mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti. Namun, Maarten Paes masih sigap untuk menghalau ancaman tersebut.

Timnas Indonesia tidak menyerah begitu saja. Garuda memberikan tekanan kepada tuan rumah melalui tendangan sudut Nathan Tjoe-A-on yang harus dihadapi dengan susah payah oleh Wang Da Lei pada menit ke-28.

Empat menit kemudian, Garuda kembali mendapatkan peluang. Kali ini, Witan Sulaeman memberikan umpan kepada Ivar Jenner untuk melakukan tembakan. Namun, usaha pemain Jong Utrecht itu belum cukup untuk menguji kiper lawan.

BACA JUGA:Pelatih Asal China Soroti Naturalisasi Skuad Garuda: Timnas Indonesia Bergaya Eropa

Saat asyik menyerang, pertahanan Timnas Indonesia menjadi longgar. Hal ini dimanfaatkan pada menit ke-44 ketika Gao Zhunyi memberikan umpan terobosan yang cemerlang kepada Zhang Yuning, yang berhasil meninggalkan Mees Hilgers. Dengan tenang, Yuning menaklukkan Paes dan mengubah skor menjadi 2-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: