Puskesmas Margadana Kota Tegal Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Puskesmas Margadana Kota Tegal Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

PERINGATAN - Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun dilakukan.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

TEGAL,jateng.disway.id - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Margadana, Kota Tegal. Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Kegiatan itu dilakukan dengan pemantauan dan pendampingan langsung dari petugas Puskesmas yang tergabung dalam Tim Kesehatan Lingkungan.

"Mereka terdiri dari Tim Promosi Kesehatan, dan Tim Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)," kata Sanitarian Puskesmas Margadana Murti Kristianingsih.

Semua Institusi Pendidikan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Margadana dan semua kelurahan melaksanakan Gerakan Serentak Cuci Tangan Pakai Sabun (GERTAK CTPS) dengan mengambil sampel pendampingan di SDN Pesurungan Lor (Peslor) 2, SDN Sumurpanggang 1 dan SDN Margadana 4 Kota Tegal.

"Untuk pelaksanaan terpusat di SDN Peslor 2 Kota Tegal, ada beberapa kegiatan utk memperingati HCTPS Sedunia. Hal ini  juga sebagai wujud dari pelaksanaan STBM Pilar dua yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Gertak CTPS dan Pemaparan serta Edukasi Bank Sampah Marga Jaya Rindang," ujar Kepala Puskesmas Margadaba dr Destina.

BACA JUGA:Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dan Puskesmas Debong Lor Persiapkan Updating SSGI 2024

BACA JUGA:Tidak Punya Jamban, Petugas Puskesmas Datangi Rumah Warga

Sementara itu, Kepala SDN Peslor 2 Kota Tegal Heri Santoso memyampaikan sekolah setelah kerjasama dengan Bank Sampah Marga Jaya Rindang memiliki inovasi Sistem Integrasi Limbah Peslor Dua (Simbah Pelora). Nanti akan ada pemilahan sampah organik dan anorganik. 

"Kegiatan itu muaranya untuk Sekolah Sehat, dan mengajak anak-anak sedini mungkin untuk bisa menerapkan CTPS di kehidupan sehari hari, tidak saat ada moment Hari CTPS Sedunia saja," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: